Minggu, September 29

Jakarta

Penikmat kopi biasanya punya cara tersendiri untuk menikmati secangkir kafein mereka. Ada yang diminum cepat, tapi ada pula yang diseruput perlahan. Mana yang lebih baik?

Minum kopi sudah jadi bagian rutinitas banyak orang. Mulai dari pagi hari sebelum beraktivitas hingga sore hari setelah lelah beraktivitas seharian.

Tak sekadar minuman, kopi sering diandalkan untuk meningkatkan energi dan fokus. Mengingat kafein pada kandungan kopi dapat memberikan manfaat tersebut.


Namun, cara menikmati kopi masih sering menjadi perdebatan. Khususnya dalam durasi menikmati kopi, ada yang cepat-cepat dan ada pula yang diseruput perlahan.

Kedua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, seperti yang dikutip dari Black Insomnia (30/03/22), berikut penjelasannya:

1. Minum kopi cepat-cepat

Minum kopi cepat-cepat bisa memungkinkan kamu mendapatkan rasa dan suhu terbaik Foto: iStock

Minum kopi cepat-cepat bisa memungkinkan kamu mendapatkan rasa dan suhu terbaik saat menikmati kopi, khususnya pada kopi yang diseduh panas.

Mengingat, jika diminum lebih lama, maka suhu kopi akan menurun. Dan tak ada yang suka menikmati kopi bersuhu ruangan dari cangkir yang dibuat satu jam yang lalu.

Namun, minum kopi cepat-cepat bisa berisiko menyebabkan sakit perut, karena tegukan yang cepat itu akan mengganggu pencernaan. Kondisi ini disebut juga aerophagia.

2. Minum kopi secara perlahan

Jika kamu minum kopi secara perlahan, memungkinkan kafein akan dilepas ke dalam sistem tubuh lebih lambat. Ini dapat memperkecil kemungkinan terjadi ‘kecelakaan’ kafein yang tidak diinginkan.

Cara minum kopi seperti ini juga dapat membuat tubuh meluangkan waktu untuk memproses kafein. Kamu pun bisa merasakan tingkat energi perlahan meningkat dengan lembut.

Menurut ahli gizi Maddie Pasquariello, minum kopi secara perlahan selama satu jam akan menghasilkan efek yang bertahap. Paling tidak kopi dinikmati dalam waktu 15-30 menit.

Jika lebih dari itu, memungkinkan rasa kopi sudah tidak enak. Selain itu, juga paparan yang terlalu lama ke permukaan gigi bisa menyebabkan gigi berlubang.

Mana yang lebih bagus, minum kopi cepat atau pelan-pelan? Penjelasannya ada di halaman selanjutnya.

Simak Video “Menakar Potensi Bisnis Kopi Gerobak Kekinian
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version