Kamis, Oktober 17

Jakarta

Bayam menyimpan nutrisi penting untuk tubuh. Oleh karenanya manfaat bayam sangat beragam. Jika dikonsumsi rutin, beberapa manfaat sehatnya dirasakan tubuh.

Bayam salah satu sayuran yang umum ditemui di Indonesia. Biasanya orang Indonesia mengolah bayam sebagai sayur bening, campuran gado-gado, hingga keripik bayam yang renyah gurih.

Dilansir dari Health Cleveland Clinic (16/2/2024), bayam disebut sebagai salah satu ‘superfood’ dengan beragam manfaat yang baik. Nutrisi pentingnya dapat memberikan manfaat yang baik untuk menurunkan tekanan darah hingga meningkatkan kesehatan pencernaan.


Berikut 5 manfaat mengonsumsi bayam:

1. Turunkan Berat Badan

manfaat konsumsi bayam secara rutin Foto: Getty Images/iStockphoto

Bayam diketahui mengandung kalori rendah, dalam 100 gram terdiri atas 23 kkal, 3,6 gram karbohidrat, 3 gram protein, dan tak mengandung lemak jahat. Bayam juga tinggi akan vitamin dan mineral lainnya.

Oleh karenanya, bayam banyak dikonsumsi untuk diet. Biasanya dijadikan salad ataupun smoothies. Kamu juga bisa menikmatinya dengan beragam olahan yang sehat.

Sebuah penelitian pada 2014 yang diterbitkan oleh ‘Appetite’ menemukan kalau 38 partisipan wanita dengan kelebihan berat badan diberikan minuman yang mengandung ekstrak bayam. Dalam penelitian tersebut, terbukti adanya pengurangan nafsu makan hingga 95% dan 43% kehilangan berat badan.

2. Turunkan Tekanan Darah

Penyakit darah tinggi bisa membahayakan kesehatan. Namun kamu bisa mengatasi tekanan darah tinggi ini dengan cara alami. Salah satunya mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah.

Bayam bisa menjadi salah satu sayur yang baik dikonsumsi untuk penderita darah tinggi. Karena mengonsumsi bayam secara teratur dapat menurunkan tekanan darah.

Menurut penelitian tahun 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Nutrition Research, bayam bisa menurunkan tekanan darah. Terlihat pada subjek penelitian yang mengonsumsi sup bayam selama 7 hari dan mengalami penurunan tekanan darah sistolik mereka.

Simak Video “Video: Maruarar Sirait Buka Resto Kuliner Asli Batak ‘Lapo Porsea’
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version