Minggu, September 22

Jakarta

Tak lama setelah Sony memamerkan PS5 Pro, muncul rumor soal dua buah chip yang sedang dikembangkan untuk PS6 dan sebuah perangkat konsol lain.

Rumor ini berasal dari postingan pengguna dengan nama akun KeplerL2 dalam sebuah thread di forum NEOgaf. Thread tersebut sejatinya membahas prediksi harga PS6, namun kemudian pembahasannya melebar ke topik lain.

Postingan dari KeplerL2 memang cukup menarik perhatian. Menurutnya, ada dua buah system on a chip (SoC) yang sedang dikembangkan oleh Sony, di mana salah satu chip tersebut diposisikan untuk perangkat yang lebih murah.


Dari situ muncul berbagai asumsi. Misalnya, dua buah chip ini akan dipakai di konsol seperti Microsoft lewat Xbox Series S dan X, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Minggu (22/9/2024).

Namun ada juga yang menduga kalau chip kedua ini akan dipakai di PS6 versi “slim” yang dijual dengan harga lebih murah, juga bisa saja chipnya ditujukan untuk konsol handheld untuk menjadi pesaing Nintendo Switch.

Perilisan PS6 tentu baru akan terjadi dalam beberapa tahun ke depan. Jadi akan sulit untuk memastikan dugaan mana yang akan menjadi kenyataan.

Namun yang jelas berdasarkan laporan Reuters, chip untuk konsol Sony generasi selanjutnya itu akan didesain oleh AMD. Sony sebenarnya melirik teknologi milik Intel untuk menjadi otak PS6, namun akhirnya kontraknya dimenangkan oleh AMD pada 2022 lalu.

Kabarnya Sony lebih memilih AMD karena tak berhasil mencapai kata sepakat dengan Intel terkait pembagian keuntungan. Namun ada juga alasan lain yang mungkin mempengaruhi pemilihan AMD itu.

Faktor tersebut adalah sikap Intel yang tak setuju dengan dukungan kompatibilitas ke belakang terhadap PlayStation generasi sebelumnya. Menurut Intel langkah tersebut akan menghabiskan biaya terlalu besar, dan membutuhkan sumber daya manusia yang terlalu banyak.

Mungkin alasan Intel menolak dukungan kompatibilitas ke belakang itu adalah karena dua generasi PlayStation ke belakang — PS4 dan PS5 — menggunakan chip yang didesain oleh AMD, rival abadi mereka.

(asj/hps)

Membagikan
Exit mobile version