Selasa, Oktober 15


Jakarta

Seorang pria membayar tiket kereta setara Rp 40.000 lebih murah dari yang seharusnya. Hanya karena itu ia terancam dibawa ke pengadilan oleh sebuah perusahaan operator KA.

Mengutip BBC, Minggu (13/10/2024), bahkan penumpang itu telah mengakui kesalahannya dan menawarkan untuk membayar denda atau tarif yang baru.

Sam Williamson (22) dari Glossop diancam akan dituntut oleh Northern. Itu setelah ia secara keliru membeli tiket seharga £ 3,65 yang tidak valid dari Broadbottom menuju Manchester dengan menggunakan railcard 16-25 miliknya pada tanggal 5 September lalu.


Dia mengatakan bahwa pelanggaran kecil tersebut merupakan kesalahan yang tidak disengaja. Karena, dia tidak mengetahui bahwa railcard tersebut tidak dapat digunakan hingga setelah pukul 10.00 dan dia takut akan dikenai denda yang sangat besar serta catatan kriminal.

Seorang juru bicara Northern mengatakan bahwa setiap orang memiliki kewajiban untuk membeli tiket yang valid sebelum mereka naik ke kereta api. Ia menambahkan bahwa 96 persen pelanggan melakukan hal tersebut.

Williamson, seorang lulusan universitas, melakukan perjalanan ke London melalui Manchester untuk mengikuti ujian teori mengemudi.

Lalu, dalam perjalanan si kondektur memberitahukan bahwa tiketnya tidak berlaku. Itu karena syarat dan ketentuan railcard yang menetapkan bahwa kartu tersebut tidak dapat digunakan untuk tarif di bawah £ 12 antara pukul 04.00 hingga 10.00 pada Senin hingga Jumat.

Aturan tersebut tidak berlaku pada bulan Juli dan Agustus, ketika Williamson menggunakan railcard-nya dalam beberapa perjalanan yang sama tanpa melanggar peraturan.

“Saya berkata, ‘Saya benar-benar minta maaf, ini kesalahan saya, bisakah saya membeli tiket baru?”,” ujar Mr Williamson.

Ia diberitahu bahwa ia tidak dapat membeli tiket baru atau membayar denda, dan sebuah laporan insiden perjalanan telah dibuat oleh kondektur Northern.

Williamson mengatakan bahwa hal ini “cukup menegangkan”. Dia merasa bahwa penuntutan merupakan tanggapan yang “tidak masuk akal” karena hanya selisih £1,90.

Northern telah meminta untuk menjelaskan apa yang terjadi secara tertulis dalam waktu dua minggu dan memperingatkan bahwa proses hukum akan menyusul.

Surat tersebut, yang dilihat oleh tim transportasi BBC, menjelaskan dugaan pelanggaran dan memberikan kesempatan kepada Williamson untuk menjelaskan situasi perjalanannya.

Perusahaan-perusahaan operator kereta api, yang memiliki wewenang untuk melakukan penuntutan secara pribadi, biasanya akan meninjau tanggapan apa pun dan memutuskan apakah akan melanjutkan penuntutan pidana, menawarkan penyelesaian di luar pengadilan, atau tidak melakukan tindakan apa pun.

(msl/fem)

Membagikan
Exit mobile version