Senin, September 30

Jakarta

Princess of Wales mengumumkan bahwa dia didiagnosis mengidap kanker dan dalam tahap awal kemoterapi. Dalam pengumumannya, dia mengatakan kanker tersebut diketahui saat menjalani operasi perut Januari lalu.

“Ini tentu saja merupakan kejutan besar, dan William serta saya telah melakukan segala yang kami bisa untuk memproses dan mengelola ini secara pribadi demi keluarga muda kami,” kata Kate Middleton dalam video yang dirilis pihak kerajaan dikutip dari BBC.

Sebelum mengumumkan diagnosis kanker, Kate Middleton sempat dirawat beberapa kali karena masalah kesehatan. Berikut riwayat sakit Kate Middleton dikutip dari berbagai sumber.


1. Kehamilan yang sulit

Sang Putri dirawat di rumah sakit selama tiga hari karena mual di pagi hari yang parah pada tahun 2012, saat dia mengandung Pangeran George. Kate dirawat di Rumah Sakit Raja Edward VII, rumah sakit swasta di Marylebone yang telah digunakan oleh Keluarga Kerajaan selama lebih dari satu abad.

Kate juga mengidap hiperemesis gravidarum (HG) saat mengandung Putri Charlotte pada tahun 2014 dan Pangeran Louis pada tahun 2018. Kondisi tersebut membuat sang Putri mengumumkan dua kehamilannya lebih awal, sebelum mencapai tahap penting 12 minggu.

Hiperemesis gravidarum dapat menyebabkan dehidrasi parah dan membuat ibu dan bayi berisiko kekurangan nutrisi penting, karena mereka tidak mampu menahan makanan dan minuman. Penderitanya bisa dibiarkan muntah hingga 30 kali sehari, dengan akibat yang melelahkan dan berbahaya.

2. Bekas Luka di Kepala

Kate Middleton ternyata memiliki bekas luka sepanjang 3 inci atau sekitar 7 cm di sisi kiri kepalanya. Diketahui, luka tersebut sudah ada sejak dia masih kecil.

Ini pertama kali terlihat pada tahun 2011, saat sang putri sedang melakukan pertunangan kerajaan pertamanya pada jamuan makan malam pribadi di Clarence House. Luka itu merupakan hasil operasi yang dilakukan saat masih kecil.

Sebuah pernyataan resmi menjelaskan bahwa ‘bekas luka tersebut berkaitan dengan masa kanak-kanak sang putri’. Meski tidak berkomentar banyak, pihak kerajaan mengkonfirmasi bahwa itu adalah tindakan operasi yang sangat serius.

Namun, ahli bedah pada saat itu mengatakan bekas luka tersebut kemungkinan besar bukan akibat tumor.

3. Operasi perut

Sang Putri telah merencanakan operasi perut besar pada bulan Januari, dan menghabiskan dua minggu di rumah sakit. Kate dirawat di The London Clinic di Marylebone dan kembali ke Windsor untuk melanjutkan pemulihannya dengan dukungan keluarganya.

Pada saat itu, kondisinya dianggap bukan kanker namun tidak ada rincian operasi lainnya yang diberikan. Dia disarankan untuk memulihkan diri selama dua hingga tiga bulan.

(kna/kna)

Membagikan
Exit mobile version