Senin, Oktober 21


Jakarta

Asus resmi merilis laptop gaming terbarunya yang diberi nama TUF Gaming A16 FA608. Kira-kira apa ya kehebatannya?

Kalau bicara soal performanya dalam melahap beragam game berat, sepertinya tidak perlu diragukan lagi. Melihat spesifikasi yang dimilikinya, TUF Gaming A16 ini terbukti mampu memuaskan penggunanya, terlebih detikINET yang telah merasakan langsung keganasannya.

Laptop ini sangat bisa diandalkan, bila gamer ingin menikmati sensasi bermain game yang luar biasa. Tentu kegaharannya itu bukan tanpa alasan, karena jika melihat jeroannya, laptop ini punya sederet komponen anyar dan mutakhir.


Silahkan sebut, mau soal apa, prosesor, layar, RAM, kartu grafis, atau fiturnya? TUF Gaming A16 FA608 dibekali dengan banyak komponen canggih.

Oke, sebagai gambaran bagaimana galaknya laptop ini, mari simak review Asus TUF Gaming A16 FA608, yang sudah detikINET rangkum secara singkat berikut. Semoga pembahasannya bisa menjadi referensi bagi kalian yang bingung mencari laptop gaming.

1. Desain

Asus TUF Gaming A16 FA608. Foto: (Panji Saputro/detikINET)

Sebelum masuk ke performa, mari awali ulasannya dari desain yang disuguhkan. Kira-kira bagaimana bentuknya? Di sini detikINET kedatangan laptop TUF Gaming A16 FA608 dengan varian warna Jaeger Gray.

Dicatat nih ya, bahan bodinya terbagi menjadi dua jenis. Untuk punggung laptop dari aluminium, dan bagian lainnya terbuat dari plastic.

Apabila dilihat seksama, bentuknya hampir serupa dengan pendahulunya yaitu TUF Gaming A15. Perbedaan paling kentara terdapat di spesifikasi dan ukuran layar, yang mana tentunya lebih besar A16 FA608.

Cuma memang jangan terlalu berharap lebih kalau bicara soal desain bodinya ya. Sebab tidak ada hal yang spesial sama sekali.

Saat laptop dalam keadaan terbuka, bagian punggung hanya akan memperlihatkan logo TUF. Posisi logonya terdapat di pojok kanan atas. Tidak seperti pendahulunya yang berada di tengah-tengah punggung laptop.

Kurang lebih itu saja hiasan di bagian belakangnya. Tidak ada ornamen pendukung lain, yang mengisyaratkan kalau ini laptop gaming.

Masih di area punggung, turun sedikit ke bawah, ada empat simbol lampu indikator yang terdiri dari baterai, mode pesawat, daya, dan hardisk. Lalu berdekatan dengan simbol lampu indikator ini, ada ventilasi yang menjulur selebar ukuran laptop.

Ventilasi tersebut memiliki banyak lubang, yang pastinya untuk mempermudah laptop ini ketika akan membuang hawa panas di dalamnya. Beralih ke bagian terbawah, Asus juga memberikan beberapa lubang yang letaknya di bawah kipas.

Lanjut ke bagian depan laptop. Di sini gamer akan menemukan tampilannya, yang kurang lebih seperti laptop pada umumnya. Ya, ada monitor, keyboard, dan sederet informasi terkait keunggulan laptop ini yang ditempatkan di samping kanan touchpad.

Untuk berat laptop ini kurang dari 2,2 kg. Lalu ketebelan Asus TUG Gaming A16 FA608 cukup tipis, karena hanya 17,9 mm.

Asus TUF Gaming A16 FA608. Foto: (Panji Saputro/detikINET)

Terdapat sedikit perbedaan yang mana terletak di tombol WASD, karena tampilannya dibuat lebih trasnparan dan warna lampunya bisa diubah sesuai keinginan. Lalu Asus menyematkan tombol Copilot, asisten berbasis kecerdasan buatan (AI) milik Microsoft.

Sementara beberapa port yang dibawa oleh Asus di TUF Gaming A16 FA608 ialah lubang jack 3,5 mm, HDMI 2.1, dua USB 3.2 Gen 2 type-A, USD 3.2 Gen 2 type-C, RJ45 LAN, dan USB 4 type-c.

2. Layar

Asus TUF Gaming A16 FA608. Foto: (Panji Saputro/detikINET)

Urusan layar, jika pengguna sekadar menonton film hingga menjajal sejumlah game, TUF Gaming FA608 ini bisa memberikan kepuasan yang mendalam. Tak tanggung-tanggung, ukuran layarnya hingga 16 inch.

Belum lagi saat gamer memandang laptop ini, rasanya seakan layarnya lebar sekali. Sebab rasio antara layar dengan bodi pinggirannya mencapai 90%.

Untuk sekelas laptop, ukuran layarnya sudah sangat besar. Ditambah Asus menawarkan layarnya dengan response time 3ms, refresh rate sebesar 165Hz, dan menyisipkan teknologi Nvidia G-Sync.

Teknologi Nvidia G-Sync ini yang bikin main game lebih asyik. Kenapa? Soalnya gamer tidak perlu khawatir akan terjadi screen tearing. Maksudnya di sini tuh, kayak sebuah lipatan di layar yang membuat tampilannya tidak sempurna. Intinya main game lebih mulus tanpa lag dengan kecanggihan G-Sync.

Fitur

Asus TUF Gaming A16 FA608. Foto: (Panji Saputro/detikINET)

Salah satu fitur yang menjadi favorit detikINET sudah pasti Armoury Crate. Aplikasi ini memberikan gamer kebebasan, dalam mengatur bagaimana TUF Gaming A16 FA608 akan bekerja.

Kemampuannya yang paling menarik adalah mengoptimalkan kekuatan GPU. Jadi Asus memberikan empat pilihan mode, yakni ultimate, standard, eco, dan optimized, yang bisa diberdayakan gamer untuk menyesuaikan daya gebrak GPU TUF Gaming A16 FA608.



Membagikan
Exit mobile version