Senin, Oktober 21


Jakarta

Teknologi Artificial Intelligence (AI) semakin canggih. Bahkan kini ada restoran palsu yang viral di media sosial hasil teknologi AI.

Berkembang pesatnya teknologi AI memang memudahkan banyak bidang, meski teknologi ini kerap mengundang pro dan kontra berkat kecerdasan buatannya.

Baru-baru ini ada restoran bernama Ethos yang viral di Instagram. Dilansir dari NYPost (18/10), restoran ini disebut berlokasi di Austin, Texas.


Ada lebih dari 75,2 ribu followers di akun Instagram mereka, lengkap dengan 535 unggahan foto berisi menu roti, pastry, steak hingga ayam goreng yang bikin penasaran netizen.

Salah satu unggahan foto makanan Ethos yang paling populer adalah croissant berbentuk kuda nil viral asal Thailand yaitu Moo Deng. Tampilan croissant itu tampak nyata, dengan bagian kulit luar croissant yang mengkilap dan bentuknya yang menggemaskan.

Restoran Viral di Media Sosial Ini Ternyata Cuma Karya AI Belaka Foto: Site News

Lalu di unggahan lainnya, restoran Ethos mengunggah roti berbentuk karakter Pikachu yang menarik perhatian. Begitu juga dengan foto lainnya seperti foto pizza, kentang goreng, scallop hingga kaviar.

Ditambah akun Instagram ini mengunggah beberapa selebriti sampai tokoh ternama yang tengah makan di restoran mereka. Ada foto pengusaha Jeff Bezos hingga Elon Musk.

Ternyata setelah ditelusuri lebih lanjut, Ethos merupakan restoran khayalan yang tidak pernah ada di kehidupan nyata. Semua menu makanan hingga foto yang ada di Instagram mereka dibuat oleh teknologi AI.

Banyak orang yang terkecoh dengan akun Instagram Ethos, mereka berpikir bahwa Ethos merupakan restoran viral yang sangat populer.

Restoran Viral di Media Sosial Ini Ternyata Cuma Karya AI Belaka Foto: Site News

“Di mana letak kafe ini? Saya sudah buka situs resto mereka, tidak ada alamat detail di mana resto ini berada,” tanya salah satu netizen.

“Saya suka semua makanan yang diunggah di sini. Tapi bisa berikan di mana lokasi restonya? Saya cari di Google Map, tidak ada hasilnya,” lanjut netizen.

Restoran Viral di Media Sosial Ini Ternyata Cuma Karya AI BelakaRestoran Viral di Media Sosial Ini Ternyata Cuma Karya AI Belaka Foto: Site News

“Ingin sekali mengunjungi restoran ini tapi mereka hanya menuliskan lokasinya di Texas, tidak ada detail alamatnya,” pungkas netizen lainnya.

Di akun Instagramnya, Ethos sering mengunggah kata-kata yang menegaskan bahwa restoran mereka hanya hasil karya AI belaka. Jadi tidak ada restoran nyata yang bisa dikunjungi.

(sob/odi)

Membagikan
Exit mobile version