Rabu, Oktober 2


Jakarta

Segerombolan bocah kecil (bocil) melakukan aksi berani dengan ‘memukul mundur’ para pemotor yang melawan arah di Penggilingan, Jakarta Timur. Mereka ramai-ramai berbaris, mengadang dan meminta pelanggar segera putar balik!

Pemandangan unik tersebut dibagikan akun Instagram @memomedsos pada Rabu (27/3). Menurut keterangan di kolom takarir, video itu direkam sehari sebelumnya atau Selasa (26/3).

Pada tayangan singkat tersebut, ada sekira 4-5 motor yang melawan arah lewat kolong flyover Pondok Kopi. Namun, segerombolan bocil yang berjumlah lebih dari 10 orang itu kemudian membuat barisan dan menutup jalan. Mereka dengan gagah berani meminta pelanggar balik arah.


“Nggak boleh lawan arah, Pak. Taat peraturan. Nggak boleh. Emang mau ketangkep polisi? Bahaya, Pak. Bahaya,” demikian ujar para bocil tersebut sambil berusaha mengadang pemotor lawan arah yang mau melintas ke flyover Pondok Kopi, Jakarta Timur.

Segerombolan bocil adang pemotor yang lawan arah. Foto: Tangkapan layar @memomedsos

Aksi para bocil tersebut nyatanya tak berujung percuma. Sebab, para pemotor yang melawan arah akhirnya putar balik dan melintas di jalur yang semestinya. Sementara sekumpulan anak itu merayakannya dengan rasa bangga.

Melalui pengamatan detikOto, jalan raya di area flyover Pondok Kopi memang kerap dilalui pemotor lawan arah. Mereka mengambil ‘jalan pintas’ tersebut lantaran putar balik di dekat Stasiun Buaran secara jarak lebih jauh dibandingkan lewat kolong flyover.

Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI), Sony Susmana mengatakan, kebiasaan melawan arah merupakan ‘penyakit’ para pengguna jalan raya di Indonesia. Menurutnya, kebiasaan itu sering dilakukan orang yang maunya buru-buru tanpa memikirkan keselamatan.

“(Mereka mikir) mumpung sepi, cuma dekat, kok, dan lain-lain membuat semua jalan disamaratakan. Bahkan aturan lalin diabaikan meski membahayakan,” ujar Sony kepada detikOto.

Sony mengingatkan, lebih baik tertib tapi selamat, ketimbang buru-buru dan melawan arah tapi berakhir celaka.

“Tertib lalu lintas dan menjaga kebugaran menjadi salah satu kunci dalam menjaga keselamatan,” kata Sony.

[Gambas:Instagram]

Simak Video “Pemotor Lawan Arah Cekcok dengan Sekuriti di Jaksel Kini Dicari Polisi
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/din)

Membagikan
Exit mobile version