Sabtu, Oktober 26

Jakarta

X, media sosial yang sebelumnya dikenal dengan nama Twitter, akhirnya menyembunyikan tab likes di profil pengguna. Artinya, pengguna X tidak bisa lagi melihat daftar cuitan yang disukai pengguna lain.

Dihilangkannya tab likes dari profil pengguna pertama kali diungkap oleh dua engineer X beberapa waktu yang lalu. Kini kebijakan tersebut sudah berlaku sejak Rabu (12/6) kemarin.

Menurut pantauan detikINET, Kamis (13/6/2024) pengguna X di Indonesia juga sudah terdampak perubahan ini. Saat membuka aplikasi X pagi ini, muncul pemberitahuan yang mengatakan likes pengguna kini jadi private.


“Kami membuat Likes menjadi private untuk semua orang untuk menjaga privasi pengguna dengan lebih baik. Menyukai lebih banyak postingan akan membuat feed ‘For You’ Anda jadi lebih baik,” tulis X dalam pemberitahuannya.

[Gambas:Twitter]

Kebijakan baru ini juga diumumkan oleh pemilik X Elon Musk yang mengatakan pengguna seharusnya bebas menyukai postingan apapun tanpa khawatir diserang orang lain atau kena serangan cancel culture.

Lewat postingan di X, akun X Engineering menjelaskan perubahan terbaru ini. Pengguna X masih bisa melihat postingan yang mereka sukai di tab Likes yang ada di profilnya, tapi orang lain tidak bisa melihat daftar ini ketika mengunjungi profil pengguna.

Pengguna X juga tidak bisa melihat daftar akun yang menyukai sebuah postingan. Tombol yang menunjukkan jumlah likes di bawah postingan kini tidak bisa diklik untuk melihat siapa saja yang menyukai postingan itu.

[Gambas:Twitter]

Tapi pengguna X tetap bisa melihat siapa saja yang menyukai postingan yang mereka unggah. Pengguna juga bisa melihat jumlah like yang diterima postingannya dan metrik lainnya yang ditampilkan di notifikasi.

Opsi untuk menyembunyikan tab likes di profil sebenarnya sudah tersedia untuk pelanggan X Premium. Namun update terbaru ini secara resmi menghilangkan tab likes di profil seluruh pengguna.

Simak Video “Saran Pengamat soal Potensi X Diblokir Kominfo Karena Pornografi
[Gambas:Video 20detik]

(vmp/fay)

Membagikan
Exit mobile version