Selasa, Oktober 22


Jakarta

Menteri Pariwisata periode 2024-2029 Widiyanti Putri Wardhana antusias mengemban jabatan baru di Kabinet Merah Putih. Dia menyebut empat strategi untuk pariwisata Indonesia.

Mulai hari Senin (21/20), Widiyanti resmi menjabat sebagai Menteri Pariwisata menggantikan Sandiaga Salahuddin Uno. Dalam acara Serah Terima Jabatan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Widiyanti menyebut jabatan itu merupakan tanggung jawab besar bagi dia.

“Ini merupakan tanggung jawab yang besar, tapi saya sangat antusias untuk bekerja keras bersama seluruh jajaran Kementerian Pariwisata,” kata Widiyanti dalam sambutannya, Senin (21/10/2024).


Langkah pertama setelah serah jabatan itu adalah mengenal skuat di kementerian pariwisata. Dia sekaligus bakal menyamakan visi dan misi agar bisa bekerja secara bersama-sama.

“Yang menjadi prioritas saya dalam beberapa hari ke depan adalah untuk mengenal bapak dan ibu sekalian, menyatukan visi dan misi untuk bersama-sama memperkuat kerja kementerian ini,” ujar Widiyanti.

Widiyanti menyebut ada beberapa strategi yang akan diterapkan setelah bekerja sebagai Menteri Pariwisata.

“Ada empat strategi utama yang bisa memperkuat potensi pariwisata kita, yaitu melalui strategi transformasi pariwisata menuju Indonesia Emas 2045 di antaranya terkait infrastruktur, investasi, sumber daya manusia dan promosi,” kata Widiyanti.

“Dalam enam bulan pertama, saya akan fokus pada beberapa inisiatif, seperti hearing aspirasi transformasi pariwisata dengan pihak-pihak terkait,” dia menambahkan.

Ia juga akan menyusun rencana terkait Tourism 5.0, contohnya pemasaran calendar of events yang berbasis digital dan AI dan membuat rumusan gerak strategi penggunaan Indonesia Tourism Fund untuk diversifikasi atraksi nusantara dan acara berskala internasional.

“Serta merancang kerja sama dengan instansi lainnya untuk transfer knowledge yang menggunakan pola unggulan pariwisata kelas dunia,” kata Widi, sapaan akrabnya.

“Semoga kehadiran saya di kementerian ini dapat diterima dengan tangan terbuka. Saya semangat untuk terus bekerja keras bersama seluruh di Kementerian Pariwisata, segenap kementerian dan lembaga di Kabinet Merah Putih, serta seluruh stakeholder pariwisata di Indonesia,” dia menegaskan.

(wsw/fem)

Membagikan
Exit mobile version