Sabtu, September 14


Jakarta

Thomas Djiwandono dilantik menjadi Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara. Ia dilantik menjadi Wakil Menteri Keuangan yang menemani Sri Mulyani Indrawati.

Saat ini posisi Wamenkeu diisi oleh Suahasil Nazara. Sejauh ini berdasarkan sumber detikcom, Kamis (18/7/2024), posisi Wamenkeu akan ditambah menjadi dua.

Seperti apa sosok Thomas Djiwandono yang dikabarkan akan menjabat sebagai Wamenkeu?

Melansir dari situs resmi Gerindra, Thomas M. Djiwandono atau biasa dipanggil Tommy lahir di Jakarta pada 7 Mei 1972. Ia merupakan anak pertama dari pasangan Soedradjad Djiwandono dan Biantiningsih Miderawati.


Ayahnya adalah mantan Gubernur Bank Indonesia yang kini mengajar di Nanyang Technological University, Singapura. Sedangkan ibunya Bianti adalah kakak kandung Prabowo Subianto pendiri Partai Gerindra. Thomas juga merupakan cicit R.M Margono Djojohadikusumo, pendiri Bank BNI 46. Sekarang ini Thomas sudah menikah dan dikaruniai tiga orang anak.

Dalam hal pendidikan, Thomas merupakan lulusan SMP Kanisius, Menteng, Jakarta. Meski tidak disebutkan ia melanjutkan SMA di mana, tercatat ia sempat mengenyam bangku kuliahnya di luar negeri.

Ia meraih gelar S1 di bidang studi sejarah di Haverford College, Pennsylvania, Amerika Serikat dan mengambil master (S2) di bidang International Relations and International Economics di Johns Hopkins University School of Advanced International Studies, Washington, Amerika Serikat.

Thomas kemudian memulai kariernya sebagai wartawan magang di Majalah Tempo pada 1993 dan pindah ke Indonesia Business Weekly pada 1994. Selain itu, Tommy pun pernah bekerja sebagai analisis keuangan di Whitlock NatWest Securities, Hong Kong.

Kemudian pada 2006 kariernya terus meningkat saat pamannya, Hashim, memintanya untuk membantu di Arsari Group, perusahaan agrobisnis. Dalam kesempatan itu Thomas menjabat sebagai Deputy CEO Arsari Group.

Sementara untuk bidang politik, calon Wamenkeu ini tentu terlibat dalam partai Gerindra. Dirinya juga tercatat pernah menjadi Caleg di Provinsi Kalimantan Barat. Kini Thomas Djiwandono menjadi Bendahara Umum Partai Gerindra dan menjadi pengendali keuangan partai bentukan pamannya, Prabowo Subianto.

Saksikan Live DetikSore:

Simak Video ‘Thomas Djiwandono-Sudaryono Tiba di Istana Jelang Pelantikan Wamen’:

[Gambas:Video 20detik]

(fdl/fdl)

Membagikan
Exit mobile version