Minggu, Juni 30


Mallorca

Kemarahan warga lokal Mallorca di Spanyol terhadap turis asing tampaknya sudah memuncak. Mereka datang ke sebuah pantai populer dan mengusir turis di sana.

Dilansir dari News.com.au, ratusan penduduk Mallorca memblokir akses masuk ke pantai teluk Calo des Moro, Mallocra, Spanyol. Pantai itu sendiri masuk ke dalam daftar pantai populer di kalangan turis.

Penduduk setempat lalu membentangkan spanduk bertuliskan ‘SOS Warga’ dan membagikan selebaran dalam bahasa Inggris dan Jerman.


Mereka juga menutup jalan-jalan setapak menuju pantai. Warlok meneriakkan kalimat ‘pergi, pergi, pergi’.

Turis yang mau masuk ke sana sempat dibuat bingung oleh aksi sepihak yang dilakukan oleh para warga lokal.

“Turis telah menguasai pantai. Untuk satu hari, kami akan menikmatinya,” seorang penduduk setempat menjelaskan pada turis-turis itu.

Tak hanya itu, turis yang sedang asyik berjemur juga jadi sasaran. Penduduk mendatangi turis-turis itu dan membentangkan spanduk, memaksa mereka pergi dari sana.

Caló des Moro terkenal dengan pemandangan yang menakjubkan dan air yang sebening kristal, pantai Spanyol ini menjadi penarik bagi influencer Instagram dan wisatawan.

Protes minggu lalu dimulai dengan sekitar 20 penduduk setempat, lalu meningkat menjadi lebih dari 200 orang, karena para pengunjuk rasa melanjutkan misi mereka untuk mengusir pengunjung.

Protes tersebut merupakan bagian dari gerakan yang lebih besar di Kepulauan Balearic termasuk Mallorca, Menorca, dan Ibiza – yang diselenggarakan oleh grup media sosial Mallorca Platja Tour.

Bulan lalu, rekaman video menjadi viral saat para pengunjuk rasa di Mallorca mendatangi para wisatawan saat mereka makan di luar-mencemooh dan meneriakkan “turis pulang saja”.

Sekitar 10.000 demonstran turun ke jalan untuk melampiaskan kemarahan mereka atas banyaknya turis sambil meneriakkan “Mari selamatkan Majorca. Orang asing keluar”.

Itulah berita terpopuler detikTravel, Selasa (25/6) kemarin. Selain berita tersebut, masih ada berita lainnya seperti potret kondisi terkini pembongkaran lapak PKL di kawasan Puncak hingga pulau Capri tolak kedatangan turis.

Berikut Berita Terpopuler detikTravel, Selasa (25/6/2024):

1. Warlok Kompak Usir Turis dari Pantai, Ada Apa?

2. Kondisi Terkini Pembongkaran Kios di Puncak Bogor

3. Kucing Paling Langka di Dunia Tak Lagi Terancam Punah

4. Kenapa Netherlands Berubah Jadi Belanda di Indonesia?

5. Rest Area Gunung Mas: Bagus Secara Tampilan, tapi Tak Bagus buat Pendapatan

6. Alasan PKL di Puncak Ogah Direlokasi: Sepi-Cuma Dapat Rp 50 Ribu Sehari

7. Parkir di Rest Area Gunung Mas Gratis, PKL Tak Perlu Khawatir soal Pengunjung

8. Kapal Pesiar Pertama Hadir di Jakarta, Tiket Langsung Ludes

9. Pembongkaran Lapak Pedagang Puncak Tahap 2: Gantole-Warpat

10. Kehabisan Air Bersih, Pulau Capri Tolak Turis

(wsw/wsw)

Membagikan
Exit mobile version