Kamis, Oktober 10


Jakarta

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia atau TMMIN untuk ke-11 kalinya meraih Primaniyarta Award dari Kementerian Perdagangan (Kemendag). Penghargaan tersebut diberikan berkat kontribusi rantai pasok dan IKM yang mengembangkan ekspor kendaraan dan komponen.

Penghargaan Primaniyarta tersebut diserahkan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan kepada Presiden Direktur PT TMMIN Nandi Julyanto di acara Trade Expo Indonesia (TEI) 2024 yang mengusung tema ‘Build Strong Connection with The Best of Indonesia’.

Nandi mengaku bangga bisa memenangkan penghargaan tersebut untuk ke-11 kalinya. Dia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemerintah yang telah mengapresiasi pencapaian TMMIN di pasar otomotif Indonesia.


“Apresiasi ini dapat terwujud atas dukungan dari semua pihak, terutama Pemerintah Indonesia yang telah menyediakan berbagai sarana, infrastruktur, serta regulasi dalam membantu kinerja ekspor Toyota Indonesia,” ujar Nandi Julyanto usai menerima Penghargaan Primaniyarta.

“Melalui penghargaan Primaniyarta ini, kami akan memacu kinerja ekspor produk otomotif buatan dalam negeri, sehingga dapat menambah devisa negara serta neraca dagang positif bagi Indonesia,” tambahnya.

TMMIN menang penghargaan Primaniyarta. Foto: Doc. TMMIN

Sejak 2008 hingga saat ini, PT TMMIN telah berpartisipasi di ajang TEI dan secara konsisten berupaya mempertahankan serta meningkatkan kinerja ekspor di tengah kondisi ekonomi global yang tak menentu.

Pada tahun ini, PT TMMIN berhasil menyabet penghargaan Primaniyarta dalam kategori “Eksportir Pasar Prospektif” karena telah memiliki pengalaman ekspor lebih dari 5 tahun dan dalam kurun waktu minimal 3 tahun terakhir, mampu menembus dan memperluas pasar prospektif yaitu kawasan Afrika, Amerika Latin, Australia, Asia Selatan, Timur Tengah.

“Pencapaian kinerja Toyota Indonesia tidak dapat terwujud, tanpa kontribusi rantai pasok kegiatan bisnis dengan lebih dari 1.000 perusahaan termasuk IKM lokal, yang mampu menyerap lebih dari 345.000 tenaga kerja dari hulu ke hilir,” kata Bob Azam selaku Wakil Presiden Direktur PT TMMIN.

TMMIN menang penghargaan Primaniyarta. Foto: Doc. TMMIN

Parameter penilaian Primaniyarta Award didasarkan pada kriteria kemampuan perusahaan dalam meningkatkan ekspor, melakukan diversifikasi produk dan pasar, strategi menghadapi tantangan pada saat krisis dan persaingan yang meningkat.

Selain itu, juga ditinjau dari segi kepatuhan dalam perkreditan, perpajakan, kepabeanan, tenaga kerja serta pemeliharaan lingkungan, dan tanggung jawab sosial.

(sfn/rgr)

Membagikan
Exit mobile version