Rabu, Oktober 23


Jakarta

Raja Juli Antoni dan Hanif Faisol Nurofiq telah menerima jabatan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya Bakar hari ini. Serah terima jabatan dilakukan di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senayan, Jakarta Pusat.

Kegiatan serah terima jabatan dilakukan pada Selasa (22/10/2024). Raja Juli menjabat sebagai Menteri Kehutanan sedangkan Faisol sebagai Menteri Lingkungan Hidup.

Siti Nurbaya menyampaikan harapan besarnya terhadap dua kementerian baru pecahan KLHK itu. Dia optimistis pemisahan kementerian tersebut akan membuat masing-masing kementerian lebih fokus dalam menyelesaikan rintangan-rintangan yang dihadapi.


“Saya secara pribadi sangat bersyukur bahwa telah terjadi regenerasi yang promising pada KLHK menjadi dua kementerian LH dan kehutanan. Dan saya percaya dalam keberlanjutan kerja bagi masyarakat bagi masyarakat nanti akan bisa menjadi lebih efektif,” kata Siti di Gedung KLHK, Jakarta, Selasa (22/10).

Kemudian, Menteri Lingkungan Hidup Hanif menyampaikan ia dan Raja Juli akan segera melaksanakan amanah dari Presiden Prabowo untuk mencapai target yang sudah diberikan.

“Kepada saya Pak Prabowo minta kegiatan pengelolaan lingkungan hidup lebih fokus dengan terpisahnya dua kementerian ini. Dan beberapa hal yang sedang kita susun, ada program yang harus kita capai dan program ke depannya,” ujar Hanif.

Setidaknya ia mengatakan terdapat dua skenario yang akan pihaknya tempuh dalam 100 hari kerjanya sebagai Menteri Lingkungan Hidup. Pertama tentang kebijakan-kebijakan pemungkin seperti RPPLH (rencana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup), dan yang kedua terkait TPA.

Sementara itu, Menteri Kehutanan Raja Juli menyatakan dalam beberapa kesempatan berjumpa dengan Presiden Prabowo mendapatkan tugas untuk menjaga hutan di Indonesia. Dalam konteks yang lebih besar, menjaga hutan Indonesia tetap menjadi paru-paru dunia.

Menyoal tentang pemanasan global, ia mengatakan dampaknya bukan hanya dirasakan oleh beberapa negara namun dirasakan oleh seluruh dunia. Oleh karenanya, Raja Juli hutan Indonesia harus dimaksimalkan untuk kesejahteraan rakyat secara luas.

“Pak Prabowo mengingatkan untuk menjaga hutan, artinya memastikan bahwa semaksimal mungkin sumber daya yang ada di hutan itu dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, mantan Wakil Menteri LHK Alue Dolong juga turut melakukan serah terima jabatan dengan Wamen Lingkungan Hidup Diaz Hendropriyono dan Wamen Kehutanan Sulaiman Umar.

(upd/fem)

Membagikan
Exit mobile version