Sabtu, Oktober 12


Jakarta

Komisi II DPR RI menggelar rapat kerja dengan Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY terkait rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) tahun 2025. Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Junimart Girsang, menyinggung soal Wakil ATR/BPN Raja Juli yang akan terbang ke IKN sore ini dan menyebabkan rapat mesti dipercepat.

Rapat berlangsung di gedung Komisi II DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (11/6/2024). Junimart sebelumnya meminta persetujuan anggota komisi yang lain soal batas waktu rapat.

“Maka saya minta persetujuan rapat ini kita akhiri pada pukul 14.30 WIB karena Wakil Ketua IKN akan ke IKN jam 17.00 WIB kan begitu, Pak, jam 17.00 WIB,” kata Junimart.


Ia kemudian menyinggung anggota Komisi II yang lain, yakni Rezka Oktoberia. Ia mengatakan Raja Juli tak menggunakan private jet untuk terbang ke IKN.

Adapun pernyataan soal private jet sempat disinggung oleh Rezka saat rapat dengan Ketua KPU Hasyim Asy’ari. Kini, Junimart kembali menyinggung hal tersebut.

“Yang pasti beliau tidak naik private jet, Ibu Rezka,” ungkapnya.

Sebelumnya, AHY mengatakan rapat ini akan membahas soal anggaran dan kinerja kementeriannya. Ia juga menyampaikan kendala yang dihadapi selama memimpin ATR/BPN.

“Membahas pertama anggaran, kita evaluasi kinerja anggaran 2023, kemudian 2024 hingga hari ini tentunya dan pagu indikatif untuk 2025. Sedangkan di bagian kedua kita akan menjelaskan evaluasi paling tidak 100 hari kerja Menteri ATR/BPN ada hal-hal yang bisa dilakukan progresnya, tapi juga sejumlah tantangan, dan kendala yang perlu kita carikan solusinya bersama,” kata AHY.

Menurutnya, rapat kerja ini merupakan bagian penting untuk bersinergi sekaligus untuk melakukan checks and balances antara pemerintah dengan DPR.

“Jadi saya senang sekali, ini bagian penting dari proses sinergi yang baik sekaligus checks and balances pemerintah eksekutif dengan parlemen legislatif. Mudah-mudahan ini menjadi kekuatan tersendiri untuk memberikan gagasan, pemikiran, dan juga solusi-solusi terbaik,” imbuhnya.

(dwr/gbr)

Membagikan
Exit mobile version