Minggu, September 8


Jakarta

Kopi bisa ditambahkan rempah, seperti kapulaga. Selain untuk meningkatkan cita rasa, racikan rempah ini juga disebut bisa memberikan manfaat kesehatan tubuh.

Selain diracik bersama susu atau krimer, kopi juga bisa lebih sehat kalau diracik bersama rempah-rempah. Salah satu rempah yang biasa diracik bersama kopi adalah kapulaga.

Kapulaga diketahui sebagai rempah yang memiliki rasa manis dan pedas, serupa dengan kayu manis, jahe, cengkeh, dan pala. Biasanya kapulaga ini menjadi bumbu yang umum untuk masakan Asia.


Dilansir dari Delishably (9/5), menambahkan kapulaga pada kopi menjadi tren baru. Alasannya karena mereka percaya kalau kapulaga itu mengandung khasiat sehat.

Kopi dengan campuran kapulaga Foto: Getty Images/iStockphoto

Apalagi kapulaga memang sejak ribuan tahun lalu digunakan sebagai obat tradisional. Rempah asal India Selatan ini dapat mengobati berbagai penyakit, termasuk masalah pencernaan.

Jadi, apakah ada manfaatnya kapulaga dalam kopi?

Kapulaga memiliki beberapa ciri yang menjadikannya tambahan yang menyehatkan dalam secangkir kopi. Salah satunya, adanya senyawa antioksidan, senyawa alami yang melawan radikal bebas yang merusak sel.

Saat menambahkan sejumput kapulaga dalam kopi, maka akan meningkatkan manfaat antioksidan dari secangkir kopi yang dikonsumsi. Kopi sendiri juga mengandung zat antioksidan yang tinggi.

Aktivitas antioksidan kapulaga juga memberi kemampuan melawan peradangan. Satu studi terkontrol secara acak menemukan bahwa penderita diabetes yang mengonsumsi suplemen kapulaga selama 8 minggu mengalami penurunan tanda stres oksidatif dan peradangan.

Kopi dengan campuran kapulaga Foto: Getty Images/iStockphoto

Studi menunjukkan rempah-rempah ini mungkin memiliki kekuatan untuk melawan stres oksidatif dan peradangan, yang merupakan ciri dari banyak masalah kesehatan kronis. Seperti penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, dan kanker.

Kapulaga juga mengandung sejumlah kecil mineral, termasuk zat besi, magnesium, mangan dan sejumlah kecil seng, kalium, dan kalsium. Rempah ini juga mengandung sejumlah kecil vitamin B dan vitamin C.

Cara meracik kopi kapulaga ini juga mudah. Kalau memiliki buah kapulaga utuh, kamu bisa menghaluskannya terlebih dahulu atau bisa juga menggunakan bubuk kapulaga. Setelah itu, taburkan ke dalam kopi bubuk sebelum diseduh.

Simak Video “Anjuran Kopi dan Teh Tak Dikonsumsi saat Sahur
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Membagikan
Exit mobile version