Senin, September 30

Jakarta

Pemerintah mengebut pemulihan Pusat Data Nasional (PDN) yang tumbang dan mengganggu pelayanan publik. Perlu diketahui, ini adalah PDN sementara.

“Saya pastikan saat ini tim sedang bekerja secara optimal untuk mempercepat pemulihan,” ujar Menkominfo Budi Arie Setiadi dalam keterangan resminya, Kamis (20/6/2024).

Dalam keterangan resminya, Kementerian Kominfo mengatakan bahwa saat ini, Pusat Data Nasional yang digunakan bersama kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah merupakan Pusat Data Nasional Sementara. Ini adalah PDN Sementara yang berbasis cloud.


Penyediaan Pusat Data Nasional Sementara merupakan amanat dari Peraturan Presiden Nomor 132 Tahun 2022 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Lewat Pusat Data Nasional Sementara diharapkan proses migrasi data center dari instansi pemerintah sudah bisa berjalan secara bertahap.

Proses pembangunan Pusat Data Nasional pertama di Cikarang Jawa Barat tengah berlangsung dan diharapkan bisa selesai pada tahun ini. Pemerintah merencanakan akan membangun Pusat Data Nasional di Batam dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sebelumnya, Ditjen Imigrasi menyampaikan terjadi gangguan kesisteman pada Pusat Data Nasional (PDN). Gangguan itu mengakibatkan layanan keimigrasian tak bisa digunakan.

Informasi itu disampaikan oleh akun Instagram Ditjen Imigrasi, seperti dilihat detikcom, Kamis (20/6). Dalam unggahannya, Ditjen Imigrasi menjelaskan soal gangguan tersebut.

“Sahabat Mido, saat ini sedang terjadi gangguan kesisteman pada Pusat Data Nasional (PDN) sehingga berdampak pada seluruh layanan keimigrasian,” ucap Ditjen Imigrasi.

(fay/fyk)

Membagikan
Exit mobile version