Senin, Oktober 28


Jakarta

Terong banyak sekali jenis dan warnanya. Ada yang bulat dan bulat panjang dan berwarna hijau, putih dan ungu. Sebenarnya apa warna asli terong?

Terong atau terung yang punya nama Latin Solanum melongena merupakan buah yang kemudian digolong sebagai sayuran. Banyak tumbuh di India dan beberapa negara Asia lainnya.

Bentuknya ada yang bulat kecil, bulat sedang hingga bulat lonjong. Warnanya selain ungu, ada juga terong yang berwarna hijau, kuning, bahkan putih. Terong memiliki biji kecil-kecil yang lunak sehingga bisa dimakan.


Tapi, dari semua warna terong, mana yang jadi warna asli terong?

Terong kerap diperlakukan sebagai sayuran. Padahal, terong sendiri sebenarnya merupakan jenis buah-buahan.

terong Foto: Getty Images/iStockphoto/

Terong telah dikenal bahkan jauh sebelum masehi, tepatnya 50 SM. Namun demikian, mengutip berbagai sumber, hingga kini tak diketahui pasti dari mana terong ini benar-benar berasal.

Terong tumbuh subur di Asia dan Afrika. Terong yang tumbuh di wilayah ini tak selalu berwarna ungu.

Terong memiliki rasa manis, teksturnya empuk juicy dan ukurannya pun besar dan panjang dengan warna ungu gelap. Tapi konon, terong pertama justru memiliki ukuran kecil, bentuknya oval seperti telur dan berwarna putih. Rasanya juga dianggap kurang bersahabat untuk lidah.

Apa warna asli terong?

Terong telah dibudidayakan di banyak tempat di seluruh penjuru dunia. Ada banyak warna terong yang dikenal, mulai dari ungu hingga kuning.

Setiap warna dan ukuran dipengaruhi oleh varietas yang berbeda dari terong. Meskipun berwarna selain ungu dengan bentuk yang tak memanjang, mereka tetap dianggap sebagai terong.

Eggplant purple from market Foto: Getty Images/iStockphoto/nuttakit

Warna ungu dari terong disebabkan oleh keberadaan antosianin di dalamnya. Antosianin merupakan pigmen yang bisa memberikan warna pada tanaman.

Tak ada salah satu warna dari terong yang dianggap sebagai warna asli. Apa adanya terong adalah buah yang memiliki beragam warna.

(sob/odi)

Membagikan
Exit mobile version