Selasa, Juli 2

Jakarta

Di kawasan Kebon Jeruk ada tempat makan yang menyajikan sambal seruit khas Lampung asli. Begini kelezatan sambalnya pedas segar bikin makan makin mantap!

Tidak semua makanan dari Sumatera terkenal di berbagai daerah di Indonesia. Daerah-daerah yang kekayaan budaya kulinernya populer bahkan bisa dihitung jari, misalnya Padang, Palembang, Bangka, Medan, dan Aceh.

Padahal Lampung, sebagai provinsi yang paling dekat dengan pulau Jawa juga punya makanan yang tak kalah enak. Bahkan ada sambal khas yang rasanya unik dan tidak bisa ditemukan di sembarang tempat.


Membawa kuliner khas Lampung yang tak mau kalah populer, tempat makan bernama Sambal Seruit Indonesia ini hadir dengan menu dari Sumatera yang berbeda. Menyambangi salah satu cabangnya yang berada di Kebon Jeruk (26/6) detikfood mencicipi beberapa hidangan andalan mereka.

Baca juga: Nyeleneh! Pria Ini Makan Mie Gacoan Dicampur Minuman Sereal

Detail Informasi
Nama Tempat Makan Sambal Seruit Indonesia
Alamat Jl. Lapangan Bola No.30,Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
No Telp 0852-1987-6742
Jam Operasional Senin – Minggu, 10.00 – 22.00 WIB
Estimasi Harga Rp 7.000 – Rp 90.000
Tipe Kuliner Tradisional, Indonesia
Fasilitas
  • Makan di Tempat
  • Reservasi
  • Pesan Online
  • Bawa Pulang
  • Parkir Luas
  • dll
Penikmat sambal wajib coba sambal seruit khas Lampung yang autentik di sini. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Penyaji Sambal Seruit Autentik Pertama

Berbeda dengan makanan khas Sumatera lainnya, hidangan khas Lampung punya ciri khasnya sendiri. Pembeda yang paling terlihat ada pada sajian sambal seruit atau sambal rampai yang disajikan.

Tidak banyak tempat makan di Jakarta yang berhasil menyajikan sambal seruit dengan rasa otentik di Jakarta. Bahkan Gianto, selaku pemilik Sambal Seruit Indonesia, percaya diri mengatakan tempat makan mereka adalah yang pertama yang berhasil menyajikan sambal seruit mirip seperti di Lampung.

Sebagai orang Lampung asli yang berpengalaman membuat sambal seruit, Gianto sendiri dapat mengenali rasa sambal yang nikmat. Misi ini yang kemudian dibawa olehnya untuk menghadirkan sambal seruit khas Lampung di tengah hiruk pikuk Jakarta.

Budaya Nyeruit Khas Lampung

Puas Nyeruit Sambal Asli Lampung yang Pedas Segar di Tempat IniBudaya nyeruit khas Lampung juga bisa dilakukan di sini. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Lebih lanjut, ternyata sambal seruit bukan hanya sekadar nama yang disematkan untuk sebauh jenis sambal. Seruit merupakan kata dasar untuk ‘Nyeruit’. Nyeruit merupakan budaya makan bersama di Lampung yang cukup unik.

Nasi, lauk-pauk, lalapan hingga sambalnya akan diletakkan di atas cobek yang sangat besar. Kemudian 3-5 orang akan duduk bersama dan menyantap makanannya bersama-sama dengan tangan.

Adapun isian yang awam dimasukkan dalam nyeruit seperti nasi, ikan bakar, ayam, lalapan, sambal rampai, tempoyak, dan beberapa tambahan lainnya. Budaya ini diibaratkan sebagai simbol kebersamaan dan tali silaturahmi yang erat antara masyarakat Lampung satu sama lain.

Bahan-bahan dan deskripsi rasa makanan khas Lampung ada di halaman berikutnya.

Simak Video “Cicipi Hidangan Thailand di Pasar Tradisional Bali
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version