Senin, Juli 8


Jakarta

NasDem angkat bicara soal Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang melirik duet Anies Baswedan dan Andika Perkasa. NasDem menilai akan sangat luar biasa jika duet Anies dan Andika bisa terwujud.

“Saya kira itu menjadi pasangan yang hebat namun pasangan ini bisa saling mengisi ya jika Pak Anies dipasangkan menjadi gubernur dan Pak Andika sebagai wagub. Cukup luar biasa itu, pasangan luar biasa. Pasangan yang seperti itu saya kira betul-betul akan menang,” kata politikus NasDem Bestari Barus kepada wartawan, Kamis (4/7/2024).

Politikus NasDem Bestari Barus Foto: Tangkapan layar

NasDem mempertanyakan soal pangkat Andika yang merupakan eks Panglima TNI yang diposisikan menjadi calon wakil gubernur (Cawagub). Sementara Anies, berdasarkan aturan tak bisa menjadi cawagub karena sudah pernah terpilih dan menjabat sebagai Gubernur.


“Mungkin kalau Pak Anies dengan Pak Andika, gubernur kan nggak mungkin dua tuh, di kacamata saya, dua-duanya ini hebat, tentu siapa yang menjadi gubernur dan siapa yang menjadi cawagub, ini yang perlu dipikirkan lagi. Sebagai wagub, apa nggak ketinggian pangkatnya Pak Andika?” tanyanya.

“Sesuai Undang-Undang kalau pun ada, siapa pun namanya, dan salah satunya ada gubernur yang pernah menjabat di daerah tersebut, nggak mungkin bisa menjadi wagub, kecuali UU-nya diubah,” sambungnya.

Meski begitu, Bestari memandang jika duet Anies dan Andika terwujud, ia meyakini kans menang dalam Pilgub Jakarta semakin besar. Namun, sekali lagi ia kembali menekankan soal pangkat Andika.

“Wah, sangat besar (peluang menang). Namun, memang kembali lagi, pangkatnya Pak Andika itu lho bintang 4,” ucapnya.

Ia juga mengapresiasi PDIP yang membuka pintu berkoalisi dengan parpol lainnya. Bestari pun berharap ke depan, Anies bisa diberikan keluwesan memilih cawagubnya.

“Ini sekadar harapan, memberikan ruang yang luas kepada Pak Anies siapa wagubnya, itu keren. Bukan yang kemudian ujuk-ujuk menyatakan kami mendukung Anies kemudian wakilnya harus si anu. Ini macam kawin paksa jaman Datuk Maringgih. Kita nggak lagi pakai yang begitu. Mari kita berpolitik secara dewasa,” tegasnya.

Puan Lirik Duet Anies-Andika

Sebelumnya, Puan Maharani, melirik wacana duet eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan kader PDIP sekaligus eks Panglima TNI, Jenderal (Purn) Andika Perkasa, di Pilgub Jakarta. Puan menilai wacana duet Anies-Andika Perkasa menarik.

“Menarik,” kata Puan di gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Kamis (4/7).

Puan mengatakan Andika memiliki peluang untuk dimajukan di pilkada sejumlah wilayah, termasuk Pilkada Jawa Tengah (Jateng). Puan mengatakan saat ini partainya masih menimbang di wilayah mana Andika lebih berpeluang kuat.

“Ya nama-nama yang sekarang muncul salah satunya Pak Andika menjadi salah satu calon yang nanti akan kita lihat baiknya itu akan kita calonkan di mana, karena pilkada ini orangnya wilayahnya sangat berbeda-beda dan nggak bisa satu nama itu hanya di satu wilayah. Jadi semuanya itu punya kekhasan dan tergantung di mananya,” kata Puan.

Puan pun menilai Andika selalu siap apabila nantinya ditugaskan partai maju di pilkada. “Kita belum bicara langsung di forum DPP (Dewan Pimpinan Pusat), cuma, ya, sepertinya (Andika) siap,” kata Puan.

Lihat juga Video: Kala Puan Nilai Duet Anies-Andika di Pilgub Jakarta Menarik

[Gambas:Video 20detik]

(taa/jbr)

Membagikan
Exit mobile version