Senin, Juli 1


Jakarta

PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengesahkan aturan delapan pemain asing di Liga 1 2024/2025. Hal ini disepakati dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Rabu (26/6/2024).

Delapan pemain asing ini dibebaskan dari mana saja, tidak ada ketentuan pemain Asia maupun ASEAN seperti musim sebelumnya. Meski begitu, delapan pemain asing ini tidak bisa diturunkan sebagai starter sekaligus.

Regulasi baru ini berarti menambah jumlah pemain asing. Di musim sebelumnya jumlah pemain asing di regulasi adalah 5+1 ASEAN.


“Regulasi pemain, delapan pemain asing bebas, baik itu Asia atau non-Asia. Semuanya bisa masuk di DSP (daftar susunan pemain), dan yang bisa main enam pemain,” kata Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus di Hotel Fairmont, Jakarta.

Sebelumnya regulasi ini memang sudah diwacanakan akan diterapkan di Liga 1. Ada yang mendukung demi perbaikan mutu kompetisi, ada yang menolak karena kekhawatiran pemain lokal akan sulit bersaing.

Selain delapan pemain asing, kini juga ada regulasi pemain U-22 yang harus dimainkan dalam laga. Regulasi ini untuk mendukung Timnas Indonesia U-22 di ajang SEA Games.

“Itu semua bebas, boleh Asia semua atau non-Asia semua, jadi nantinya di bench ada 23 pemain, asing berganti asing. Misal delapan pemain asing di DSP, enam pemain asing main, nah pemain asing ini berganti dengan asing yang lain,” ujar Ferry.

(mro/rin)

Membagikan
Exit mobile version