Jumat, Juni 28


Jakarta

Selentingan ‘psikolog mahal, mending cek khodam’ muncul pasca tren tersebut belakangan viral diminati banyak netizen. Meluruskan anggapan terkait, sebenarnya saat ini sudah banyak fasilitas pelayanan kesehatan mental yang kerap menghadirkan layanan konseling dengan harga murah, bahkan gratis.

Tidak hanya itu, perawatan dan pengobatan pada pasien dengan gangguan kesehatan mental juga bisa diakses dengan mudah di fasilitas kesehatan terdekat. Psikiater dr Lahargo Kembaren SpKJ menegaskan keduanya tidak bisa disamakan, lantaran pemeriksaan kejiwaan dengan psikolog berbasis bukti ilmiah.

“Iya jadi kalau seseorang ingin memahami seperti apa psikologisnya dia, dia datang ke professional, ada bukti-bukti ilmiah, instrumen-instrumen yang bisa dipakai, untuk kita bisa mengetahui nih, bagaimana kondisi psikologis saya, karena ada banyak domain-domainnya, baik itu mood, pikiran, perasaan, perilaku, tipe kepribadian, itu sebenarnya banyak instrumen psikologis,” tegas dr Lahargo saat dihubungi detikcom Minggu (23/6/2024).


“Nah kalau dibilang mahal sebenarnya nggak juga ya, sekarang di puskesmas itu sudah banyak psikolog-psikolog yang bertugas melayani di puskesmas,”

Pasien juga bisa mengakses perawatan dan pengobatan secara gratis di rumah sakit umum maupun rumah sakit jiwa dengan tercover BPJS Kesehatan. Kesimpulannya, tidak ada alasan untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat karena mudah diakses dan relatif terjangkau.

(naf/up)

Membagikan
Exit mobile version