Senin, September 30

Jakarta

Sony membuka pre-order untuk PlayStation 5 Pro edisi reguler dan edisi khusus ulang tahun PlayStation ke-30 pada Kamis (26/9) kemarin. Sayangnya, momen kehadiran konsol game generasi terbaru itu langsung dirusak oleh calo.

Pre-order PS5 Pro 30th Anniversary Limited Edition Bundle awalnya dibuka di Inggris dan Eropa terlebih dahulu, dengan harga 959 Poundsterling atau 1.099 Euro. Konsol edisi khusus ini hanya bisa dipesan lewat website PlayStation Direct.

Sony hanya memproduksi 12.300 unit PS5 Pro 30th Anniversary Edition, jadi tidak heran jika pertarungan untuk mendapatkan konsol ini cukup ketat. Konsol ini hadir dalam warna abu-abu klasik ala PS1 dengan bundle aksesoris seperti kontroler DualSense, DualSense Edge, konektor kontroler dengan desain klasik, dan aneka pernak-pernik edisi khusus lainnya.


Hanya beberapa menit setelah pre-order dibuka, banyak penggemar yang sudah mengantre cukup lama tidak bisa melanjutkan proses pemesanan karena konsol tersebut sudah habis terjual. Sampai saat ini PS5 edisi ulang tahun ke-30 masih belum tersedia di website PlayStation Direct.

Seperti produk langka dan banyak diminati pada umumnya, PS5 Pro edisi terbatas langsung bermunculan di website tempat jual beli seperti eBay. Para calo yang berhasil pre-order PS5 Pro edisi terbatas menjual konsol ini dengan harga hingga 10.000 Poundsterling atau sekitar Rp 202 jutaan.

Tapi para calo ini tidak menjual PS5 Pro edisi terbatas yang sudah mereka miliki, melainkan hanya bukti kalau pre-order mereka berhasil. Situasinya sudah sangat buruk sampai beberapa penjual lainnya memperingatkan pengguna eBay agar tidak membeli PS5 Pro dari calo karena berpotensi penipuan.

Bahkan PS5 edisi terbatas, yang jumlahnya tidak terbatas seperti PS5 Pro, juga habis terjual dan dijual lagi oleh calo dengan harga fantastis. Begitu juga dengan aksesoris seperti PlayStation Portal dan kontroler DualSense.

Perwakilan eBay mengatakan platform-nya mengizinkan penjualan barang pre-order yang belum dipegang oleh penjual jika mematuhi kebijakan presale yang berlaku. Kebijakan menaikkan harga atau price gouging juga tidak berlaku untuk konsol game seperti PS5 Pro.

“Kebijakan eBay untuk menaikkan harga hanya berlaku untuk barang-barang penting, dan tidak termasuk barang-barang seperti konsol video game,” kata perwakilan eBay, seperti dikutip dari IGN, Minggu (29/9/2024).

Situasi ini mengingatkan kepada peluncuran PS5 pada tahun 2020. Saat itu Sony juga menghadapi krisis chip yang membuat stok PS5 sangat terbatas, dan calo memperparah kondisi ini karena banyak yang menimbun PS5 dan dijual lagi dengan harga gila-gilaan.

Sony mencoba menghindari hal tersebut di peluncuran PS5 Pro dengan mewajibkan konsumen untuk login ke akun PlayStation di website PlayStation Direct sebelum memesan. Tapi sepertinya calo tetap bisa mengakali aturan ini.

(vmp/vmp)

Membagikan
Exit mobile version