Selasa, Juli 2

Jakarta

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria mengungkapkan nasib kelanjutan proyek pembangunan Pusat Data Nasional (PDN) yang berlokasi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

PDN Cikarang ini rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Agustus mendatang. Sementara itu, saat ini serangan siber ransomware telah melumpuhkan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 berada di Surabaya, Jawa Timur.

“Tentu saja (masih jalan), proyek PDN tetap jalan. Ini nggak mungkin istilahnya tunda ataupun gara-gara kasus ini kita jangan pakai PDN lagi, saya kira tadi begitu karena ini konsekuensi transformasi digital yang kita lakukan,” ujar Nezar ditemui awak media di Jakarta, Rabu (26/6/2024).


Selama pembangunan proyek PDN Cikarang berlangsung, pemerintah sementara ini menggunakan Pusat Data Nasional Sementara untuk menggabungkan data instansi pemerintah seluruh Indonesia.

Nezar mengungkapkan bahwa terkait keamanannya, PDN pertama pemerintah itu akan lebih ditingkatkan lagi. Hal itu untuk mengatasi kejadian serupa seperti serangan siber ransomware saat ini.

“Nah, di PDN yang akan kita bangun, arsitektur cyber securitynya sudah include di dalam tata kelola data center. Kita harapkan ini jadi pembelajaran, lesson learned, memang ini sifatnya sementara tetapi banyak pelajaran yang kita petik di sana,” ungkap Nezar.

Berdasarkan catatan detikINET yang mengunjungi proyek PDN Cikarang pada Selasa (6/2/2024), prediksi kondisi bangunan pada 17 Agustus 2024 seperti gedung sudah selesai dibangun dengan kondisi arsitek luar (fasad) selesai dilaksanakan dan begitu pun pekerjaan interior. Kemudian, area jalan di sekeliling gedung pun rampung dibangun dengan sudah tersedia fitur-fitur, seperti parkir, taman, dan juga landscape di PDN Cikarang.

Lalu, barang untuk ICT maupun peralatan mekanis dan elektrikal sudah siap di site Pusat Data Nasional. Dan, pelaksanaan commissioning test masih berjalan dan secara fungsi sebagian peralatan sudah dapat beroperasi.

Berdasarkan perkembangan terakhir ketika itu, progres keseluruhan PDN Cikarang ini sudah mencapai 31,74%. Kendati masih kecil, Plt Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan, Ditjen Aptika, Kementerian Kominfo, Aris Kurniawan, mengatakan bahwa perancangan bangunan ini sudah menyentuh angka 73,53%.

Prediksi kondisi bangunan pada 17 Agustus 2024 ini, seperti gedung sudah selesai dibangun dengan kondisi arsitek luar (fasade) selesai dilaksanakan dan begitu pun pekerjaan interior. Kemudian, area jalan di sekeliling gedung pun rampung dibangun dengan sudah tersedia fitur-fitur, seperti parkir, taman, dan juga landscape di PDN Cikarang.

Lalu, barang untuk ICT maupun peralatan mekanis dan elektrikal suap siap di site PDN Cikarang. Dan, pelaksanaan commissioning test masih berjalan dan secara fungsi sebagian peralatan sudah dapat beroperasi.

Berdasarkan perkembangan terakhir, progress keseluruhan PDN Cikarang ini sudah mencapai 31,74%. Kendati masih kecil, Aris mengatakan bahwa perancangan bangunan ini sudah menyentuh angka 73,53%.

Disampaikan Aris, PDN Cikarang sudah dilakukan selama 436 hari dibangun, tersisa 274 hari lagi pelaksanaannya. Dengan percepatan PDN Cikarang ini, Kominfo dan pihak kontraktor Ellipse Projects menerapkan kerja lembur para pekerjanya.

(agt/fyk)

Membagikan
Exit mobile version