Selasa, September 24


Jakarta

Kedatangan Ishowspeed membawa berkah sektor pariwisata Indonesia. Hadir dengan membawa konsep live streaming Youtube, Ishowspeed tidak hanya menyapa para warga tetapi juga menjajal berbagai produk wisata di setiap kota yang ia kunjungi.

Datang pertama kali ke Jakarta, Speed mendatangi beberapa situs sejarah seperti Kota Tua dan Pasar Baru. Mengenakan baju batik yang menjadi pakaian khas asal Indonesia, ia berhasil mencetak rekor pribadinya dengan memperoleh lebih dari satu juta penonton secara live.

Bali dan Yogyakarta menjadi tujuan Speed berikutnya. Sepanjang acara liveshownya, ia memamerkan banyak atraksi wisata seperti mencoba Tari Kecak, mendatangi Balizoo, menaiki delman, hingga meminum beras kencur. Di Yogyakarta Speed kembali mengenakan batik serta blangkon. Beberapa tempat ikonik di Yogyakarta pun sempat ia datangi.


Mengutip detikInet, acara live streaming Ishowspeed ke tiga kota di Indonesia itu trending di media sosial. Jutaan pengikut Ishowspeed secara langsung akan melihat berbagai produk serta atraksi wisata tersebut. Hal ini dilihat sebagai bentuk promosi gratis lewat media digital.

Kedatangan kreator video kelahiran 2005 ini pun mendapat sambutan dari Menparekraf Sandiaga Uno. Mengutip detikTravel, Sandi mengunggah tanggapannya atas kehadiran Youtuber IShowSpeed. Sandi bahkan punya harapan lain di balik kedatangan IShowSpeed.

“Dari makan nasi padang pakai cara kocak, sampai keciduk heboh ikutan tari kecak,” tulis Sandiaga dalam caption Instagramnya yang dikutip detikTravel pada Jumat (20/9).

Peristiwa ini mengingatkan kembali pada bentuk promosi wisata serupa yang pernah diusahakan oleh pemerintah. Saat itu, negara menggelontorkan dana insentif promosi wisata sebesar 72 milyar. Mengutip dari detikTravel, para influencer tersebut akan dipilih sesuai kapasitas serta jangkauan pengikutnya.

Jika kedatangan streamer influencer internasional seperti Speed memberi dampak positif terhadap pariwisata di Indonesia, apakah memungkinkan untuk diduplikasi di kemudian hari? Sebelum membahas hal tersebut, detikSore akan mengajak detikers untuk melihat sejauh mana efek kedatangan Ishowspeed terhadap ketenaran pariwisata Indonesia di dunia maya. Ikuti diskusi lengkapnya dalam Editorial Review bersama Wakil Redaktur Pelaksana detikTravel.

Sementara itu detikSore juga akan bergabung dengan detikJateng untuk mengulas gejolak dunia politik di masa Pilkada 2024. Pada hari penetapan cakada kali ini, Bawaslu Kendal memutuskan menolak permohonan pasangan bakal calon Bupati-Wakil Bupati Kendal petahana Dico M Ganinduto serta pasangannya Ali Nurudin dalam sengketa Pilkada Kendal 2024.

Mengutip detikJateng, Dico M Ganinduto yang juga sebagai petahana membatalkan rencana untuk melanjutkan gugatannya terkait sengketa Pilkada Kendal ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN). Ia mengatakan jika hal ini dilakukannya sebagai bentuk penghormatan pada demokrasi di Indonesia. Ada apa di balik peristiwa ini? ikuti laporan Redaktur detikJateng dalam Indonesia Detik Ini.

Kembali membahas fenomena Ishowspeed, Sunsetalk akan kembali membahas kedatangan streamer berusia 19 tahun ini. bersama Redaktur Pelaksana Detik Inet, detikSore akan membahas potensi kekuatan digital Indonesia. Tidak hanya sebagai tujuan yang secara acak didatangi, benarkah Indonesia adalah jalan bagi para streamer internasional untuk memperoleh penonton serta pengikut besar dalam waktu singkat? Ikuti diskusinya jelang matahari terbenam nanti.

Ikuti terus ulasan mendalam berita-berita hangat detikcom dalam sehari yang disiarkan secara langsung langsung (live streaming) pada Senin-Jumat, pukul 15.30-18.00 WIB, di 20.detik.com dan TikTok detikcom. Jangan ketinggalan untuk mengikuti analisis pergerakan pasar saham jelang penutupan IHSG di awal acara. Sampaikan komentar Anda melalui kolom live chat yang tersedia.
“Detik Sore, Nggak Cuma Hore-hore!”

(far/far)

Membagikan
Exit mobile version