Senin, Oktober 21


Jakarta

Salah satu nama selebritas yang masuk dalam Kabinet Merah Putih pemerintahan Prabowo Subianto adalah Giring Ganesha. Penyanyi itu kini menjabat sebagai Wakil Menteri Kebudayaan mendampingi Menteri Fadli Zon.

Cowok yang baru saja meluncurkan EP berjudul Serigala ini muncul di Istana Negara ketika Prabowo Subianto mengumumkan susunan Kabinet Merah Putih.

Pemilik nama lengkap Giring Ganesha Djumaryo ini sosoknya pertama kali dikenal sebagai personel band Nidji bersama dengan Rama, Ariel, Andro, dan Adri yang menggebrak industri musik dengan album Breakthru pada 2006. Album itu menelurkan single-single yang membuat mereka jadi pusat perhatian karena warna musik yang beda, seperti Sudah, Hapus Aku, Kau dan Aku, serta Disco Lazy Time.


Suara Giring diiringi alunan musik Nidji semakin terdengar ketika mereka banyak mendapat kepercayaan untuk mengisi soundtrack film, seperti Laskar Pelangi, 5 Cm, Street Society, Drama Radio Ramadhan di Atas Awan, dan Sang Pencerah.

Cowok kelahiran 14 Juli 1983 itu dulu jadi sorotan karena rambut keriting dan kribo. Aksi panggungnya juga nyentrik dan energik.


15 tahun bersama dengan Nidji, Giring memilih hengkang. Giring hengkang dari Nidji pada 2017 dengan alasan ingin beristirahat dan melanjutkan studinya.

Pada tahun tersebut, Giring melanjutkan kuliah. Baru pada 18 April 2023 Giring menyandang gelar Sarjana Ilmu Komunikasi dari Universitas Terbuka.

Selain sebagai musisi, Giring juga melebarkan sayap sebagai pemain film. Sang Pencerah debutnya di dunia akting. Giring juga menjadi pengisi suara dalam film animasi sekuel Petualangan Singa Pemberani.

Terjun ke Politik

Pria yang menikah dengan Cynthia Riza pada 15 Oktober 2010 itu menunjukkan ketertarikannya terjun ke dunia politik. Dia pernah menjadi relawan pada Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) DKI Jakarta untuk Cagub Basuki Tjahaja Purnama dan Cawagub Djarot Saiful Hidayat.

Akhirnya bapak 3 anak itu gabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Pada 2020 Giring menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Pada 2019 Giring menjadi caleg untuk daerah pemilihan (Dapil) Jawa Barat I. Namun, angin baik belum berpihak padanya, dia hanya mengantongi suara 47.069 dan PSI tak memenuhi ambang batas parlemen.

Meski begitu, karier politik Giring yang gagal jadi anggota DPR RI justru menjadi dipilih menjadi Ketua Umum PSI pada November 2021 menggantikan Grace Natalie. Kini posisi Giring digantikan oleh Kaesang Pangarep yang mulai bertugas pada 25 September 2023.

Gagal jadi anggota Dewan pada 2019, Giring maju lagi menjadi caleg pada Pemilu 2024. Akan tetapi, Giring lagi-lagi gagal.

Gagal Jadi Caleg Mau Bermusik Lagi

Giring yang gagal jadi anggota dewan, mengaku ingin kembali bermusik. Pada 2024, Giring bertekad untuk mengeluarkan karya.

“Begitu habis Pemilu, kemarin kan gue sempat ngobrol juga, gue sama bini gue tuh memang sempat ngomongin pokoknya di tahun 2024 harus ngeluarin karya,” kata Giring di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (31/5/2024).

Dia mulai menggarap project solonya. “Sekarang lagi mulai rekaman, mulai take vocal, ya lagi nunggu ACC lampu hijau dari Bu Acin (produser musik). Kalau Bu Acin oke, kita lanjut ke produksi, bikin lirik, terus ya mulai bisnis,” ujarnya.

Saat itu Giring mengatakan setelah tidak lagi menjabat sebagai ketua partai, kegiatannya lebih fleksibel.

Pada 23 September 2024, Giring pertama kali mengeluarkan EP berjudul Serigala yang jadi karya pertamanya setelah hengkang dari Nidji. Lagu yang juga berjudul Serigala di EP-nya ini bicara soal pengkhianatan.

Jadi Wakil Menteri Kebudayaan

Minggu (20/10) nama Giring masuk dalam jajaran Kabinet Merah Putih yang diumumkan Presiden Prabowo Subianto di Istana Kepresidenan.

“Giring Ganesha Djumaryo Wakil Menteri Kebudayaan,” kata Prabowo Subianto dilihat dari detikNews.

Sebelumnya, Giring juga menjadi sosok yang diundang Prabowo ke kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan pada 15 Oktober 2024. Kedatangan Giring sudah menjadi isyarat dirinya akan mendapat kepercayaan dalam pemerintahan Prabowo-Gibran.

“(Pembicaraan) seputar apa yang kemarin juga dibicarakan sama Bang Fadli Zon. Bahwa kita punya tugas besar untuk membangun bangsa dan negara, reinventing Indonesian culture and heritage,” kata Giring saat keluar dari rumah Prabowo, Selasa (15/10).

Hari ini, Giring Ganesha akan dilantik menjadi wakil menteri bersama dengan Wakil Menteri lainnya dalam Kabinet Merah Putih.

(pus/wes)

Membagikan
Exit mobile version