Kamis, Oktober 3


Jakarta

15 Oktober 2024 Marissa Haque seharusnya ulang tahun ke-62 tahun. Namun, ketetapan Allah SWT berkata lain. Marissa Haque meninggal dunia 13 hari sebelum ulang tahun ke-62 tahun.

Bernama lengkap Marissa Grace Haque, lahir di Balikpapan, Kalimantan Timur, memulai kariernya sebagai bintang film pada 1980 dengan judul Kembang Semusim.

Marissa Haque adalah sulung dari tiga bersaudara. Dua adiknya, Soraya Haque adalah seorang model dan aktris serta Shahnaz Haque merupakan seorang pembawa acara.


Karier Marissa Haque sebagai aktris makin dilihat ketika membintangi film Tinggal Landas Buat Kekasih pada 1984 dan Biarkan Bulan itu pada 1986. Untuk Tinggal Landas Buat kekasih Marissa Haque memenangkan Festival Film Indonesia sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik.

Puluhan judul film dibintangi oleh Marissa Haque sejak era 1980-an hingga 1990-an. Film terakhir yang dia bintangi adalah Yang Tercinta pada 1991.


Film juga mempertemukan Marissa Haque dengan jodohnya, ialah Ikang Fawzi. Aktris dan rocker itu bertemu dalam film Tinggal Landas Buat Kekasih. Mereka akhirnya menikah pada 3 Juli 1986.

Pernikahan Marissa Haque dan Ikang Fawzi jauh dari kabar miring. Mereka dikaruniai dua orang anak perempuan, ialah Isabella Muliawati Fawzi dan Chikita Fawzi.

Pada 2004 Marissa Haque memulai karier politiknya dengan gabung di partai PDIP. Dia menjadi caleg dan terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2004-2009 untuk Dapil Jawa Barat II.

Sekitar Juli 2006, WWF menunjuk Marissa Haque menjadi Duta Badak untuk pelestarian Badak Jawa. Itu bertepatan dengan dirinya yang menjadi anggota DPR komisi IV bidang lingkungan.

Marissa Haque beberapa kali pindah partai. Setelah dari PDIP Marissa haque gabung dengan PPP kemudian PAN.

Sampai akhir hayatnya, Marissa Haque masih aktif menjadi pengajar. Marissa mengajar di STIE IBS, Kemang, Jakarta Selatan. Sebelum meninggal dunia, Marissa Haque masih sempat mengajar.

Dilihat dari laman Indonesia Banking School, tertulis Assoc. Prof. Dr. Marissa Grace Haque, S.H., M.Hum., M.B.A., M.H., M.Si.

Marissa Haque mengenyam pendidikan S1 Hukum Perdata di Universitas Trisakti, S2 Linguistik Terapan Bahasa Inggris di Universitas Katolik Atmajaya, S2 Hukum Bisnis di Universitas Gadjahmada, S2 Ekonomi dan Bisnis di Universitas Gadjahmada, S2 Pascasarjana Kajian Timur Tengah dan Islam Konsentrasi Keuangan Syariah di Universitas Indonesia, dan S3 Pengelolaan (Manajemen) Lingkungan di Institut Pertanian Bogor.

Marissa Haque meninggal dunia pada 2 Oktober 2024 sekitar pukul 00.50 WIB.

(pus/nu2)

Membagikan
Exit mobile version