Selasa, Oktober 8


Jakarta

David Alonso baru saja mengunci gelar juara dunia Moto3 2024. Dengan seri MotoGP 2024 masih menyisakan tiga seri, Alonso masih berpeluang memecahkan rekor legenda balap MotoGP, Valentino Rossi, berupa 11 kemenangan di kelas Moto3. Ini profil David Alonso yang merupakan pebalap didikan Marc Marquez.

Dikutip dari website resmi MotoGP, David Alonso, lahir tahun 2006. Alonso memiliki darah Spanyol dan Kolombia. Pada akhirnya dia memilih menjadi pebalap dengan bendera Kolombia. Alonso naik ke Kejuaraan Dunia Moto3 sejak 2023 melalui tim GASGAS Aspar.

Karier pebalap berusia 18 tahun itu dimulai pada 2017 bersama Aspar Team Junior di Kejuaraan Spanyol 2017 dan memenangkan gelar pertamanya di kelas 85GP tahun 2018.


Pada 2020, Alonso jadi juara di European Talent Cup, dan tahun 2021 dia memenangkan Red Bull Rookies Cup. Alonso telah berkompetisi dua kali di Kejuaraan Dunia sebagai pebalap pengganti dan wildcard pada tahun 2021 dan 2022. Tahun 2023, Alonso memulai debutnya sebagai pebalap Moto3 bersama tim GASGAS Aspar.

David Alonso Foto: Instagram MotoGP

Selanjutnya pada 2024, Alonso tetap membalap bersama Aspar, namun dengan manufaktur yang berbeda, yakni CFMoto. Bersama CFMoto Aspar Team, prestasi Alonso makin melejit dan berhasil mengunci gelar juara Moto3 2024 di Sirkuit Motegi, Jepang, akhir pekan lalu.

Dikutip dari laman Crash, Alonso adalah anak didik Marc Marquez. Marquez sudah dianggap Alonso sebagai mentornya. Mereka berdua pun sering menghabiskan waktu untuk berlatih bersama. Alonso juga tak ragu-ragu mengklaim dirinya memiliki karakter membalap seperti sang pemegang gelar juara MotoGP 6 kali itu.

“Dalam hal gaya berkendara, saya sedikit mirip dengan Marc Marquez, mengerem dengan keras, sedikit berlawanan dengan Jorge Lorenzo, yang lebih halus. Secara karakter, saya juga sedikit mirip dengan Marquez,” kata Alonso pada Januari lalu dikutip dari Motorsport.

Bakal Pecahkan Rekor Valentino Rossi

Saat ini Alonso tinggal butuh satu kemenangan lagi untuk menyamai catatan legenda MotoGP, Valentino Rossi, yang meraih 11 kemenangan di kelas tersebut. Rossi mencetak rekor 11 kemenangan di kelas ‘Moto3’ pada 1997 ketika dia menjuarai Kejuaraan Dunia 125 cc. Saat itu Rossi mengendarai Aprilia RS125 buat tim Nastro Azzurro Aprilia.

Dari 16 seri Moto3 2024 yang sudah digelar, Alonso sudah menang sebanyak 10 seri, di mana dia sudah menyamai rekor Fausto Gresini, Marc Marquez dan Joan Mir. Tentunya Alonso masih memiliki peluang besar untuk menyamakan atau bahkan memecahkan rekor 11 kemenangan Rossi, di tiga seri tersisa Moto3 2024.

(lua/rgr)

Membagikan
Exit mobile version