Kamis, September 19

Jakarta

Brandoville Studios, perusahaan animasi game, saat ini sedang viral. Salah satu bosnya diduga melakukan aksi bullying, terhadap karyawannya sejak tahun 2022.

Diketahui kalau bosnya berinisial CL, bukan warga negara Indonesia. Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat AKBP, Muhammad Firdaus, mengungkapkan CL merupakan orang Hong Kong.

CL ini adalah istri dari Co-Founder & CEO Brandoville Studios berinisial KL. Namun dari keterangan korban bullying, suaminya tidak terlibat dalam tindak pidana oleh CL.


Namun pihak kepolisian masih menyelidiki pengakuan tersebut. Polisi akan memeriksa para karyawan lain untuk mencari tahu apakah ada korban kekerasan lainnya atau tidak.

Lantas sebenarnya bagaimana profil Brandoville Studios, kapan perusahaan ini didirikan, dan apa saja yang mereka kerjakan selama beroperasi? Berikut pemaparan singkatnya, sebagaimana dirangkum detikINET dari berbagai macam sumber.

Profil Brandoville Studios

Brandoville Studios adalah perusahaan animasi, yang bergerak dalam pembuatan aset game AAA. Terungkap kalau studio yang terletak di Jalan Sumenep, Nomor 23, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta, ini pernah memiliki total 230 karyawan.

Perusahaan tersebut didirikan oleh KL yang merupakan suami CL pada 2018. Awalnya, perusahaan ini bernama Brandoville Lemon Sky, karena menjadi bagian dari perusahaan asal Malaysia bernama Lemon Sky Studios.

Ketika membangun Brandoville Lemon Sky, pemegang saham Lemon Sky melakukannya dengan mitra bisnis lokal. Lalu tepat pada Maret 2020, Brandoville menjadi perusahaan independen di Indonesia dan mengubah namanya seperti sekarang.

Perusahaan ini juga mendirikan Brandoville Academy, untuk melatih para artist supaya punya keterampilan membuat animasi yang lebih berkualitas.

Namun Brandoville Studios sekarang sudah tutup sejak 17 Agustus 2024. Hal ini disampaikan perusahaan melalui seluruh media sosial resminya. Berikut ini informasi terkait media sosial yang dimiliki Brandoville.

Media sosial Brandoville Studios

  • Website: studios.brandoville.com
  • Instagram: brandoville_studios
  • Facebook: BrandovilleStudios
  • X.com: Brandoville
  • YouTube: https://www.youtube.com/channel/UCYAN4Lc_iBVmfrjcQPvqxiw
  • Linkedin: brandovillestudios
  • Artstation: brandovillestudios.artstation.com

Brandoville Academy

  • Website: academy.brandoville.com
  • Instagram: brandoville_academy
  • Facebook: BrandovilleAcademy
  • X.com: bva_id
  • YouTube: https://www.youtube.com/channel/UC6Sq_lYP9u9dFUjLrM5dT1Q
  • Linkedin: brandovilleacademy

Setelah Brandoville Studios tutup, sejumlah pengguna X.com mengungkapkan kalau para pemimpin perusahaan ini membuka studio baru bernama Lailai Studios. Sayangnya, usai kasus yang menimpa CL viral, informasi terkait perusahaan barunya sulit didapatkan.

Mereka langsung menutup akses menuju situs resminya. Selain itu, keberadaan media sosial Lailai Studios yang resmi juga sulit ditemukan.

Karya Brandoville Studios

Brandoville Studio selama beroperasi sudah terlibat dalam banyak project, baik itu animasi, karakter game, environmental game, demo reel, dan konsep seni. Beberapa karya Brandoville yang terkenal adalah game The Last of Us, Final Fantasy, The Hole, Alaskan Diamond Car, dan masih banyak lagi lainnya.

(hps/fay)

Membagikan
Exit mobile version