Sabtu, September 28


Jakarta

Umaibo dikenal sebagai snack jagung murah dan enak asal Jepang. Dahulu harganya hanya Rp 1.000an, tapi kini produsen terpaksa menaikkan harga untuk kedua kali. Mereka pun minta maaf akan hal ini.

Beberapa merek makanan dan minuman legendaris sudah melekat di hati para penikmatnya. Tak terkecuali untuk snack corn puff terkenal di Jepang, Umaibo.

Snack ini sudah diproduksi sejak tahun 1979. Dikenal dengan harganya yang murah, dulu snack ini dijual 10 yen atau sekitar Rp 1.000 saja.


Selang 20 tahun kemudian, produsen Umaibo yaitu Yaokin masih bisa mempertahankan harga jual yang murah tersebut. Namun, tahun 2022 mereka mengumumkan harus menaikkan harga untuk pertama kali. Alhasil Umaibo dijual seharga 12 yen atau sekitar Rp 1.200.

Kabar terbaru, seperti diungkap Sora News 24 (26/9/2024) menyebut, kini harga Umaibo kembali naik. Hal ini disampaikan pihak produsen melalui akun X Umaibo.

“Pada 1 Oktober, kami akan merevisi harga produk camilan kami, Umaibo,” tulis pihak produsen. Mereka mengakui perlu menaikkan harga karena harga bahan baku juga meningkat, seperti jagung dan minyak sayur.

Setelah 45 tahun, Umaibo naik harga untuk kedua kalinya. Foto: Sora News24/Ubuy Indonesia/Wikipedia

Selain itu, ada juga biaya tenaga kerja, pengemasan, hingga pengiriman yang terus naik secara signifikan. “Situasi ini telah berkembang melampaui apa yang dapat ditanggung perusahaan kami, dan untuk memastikan pasokan Umaibo yang berkelanjutan dan stabil, dengan sangat menyesal kami akan menerapkan kenaikan harga untuk pengiriman sejak awal Oktober,” lanjut pihak produsen.

Jadi, mulai 1 Oktober 2024, Umaibo akan dijual seharga 15 yen atau sekitar Rp 1.500, naik Rp 300 dari tahun 2022. Kenaikan harga ini adalah yang terbesar dalam 45 tahun sejarah merek tersebut.

Untungnya, banyak pelanggan memaklumi hal ini. Mereka juga menghargai kejujuran Yaokin mengenai alasan untuk menaikkan harga Umaibo.

Snack corn puff ini awalnya hanya dijual Rp 1.000an. Foto: Sora News24/Ubuy Indonesia/Wikipedia

“Ya, ini lebih baik daripada mempertahankan harga yang sama sambil mengecilkan ukuran camilan,” kata seorang netizen. “Lebih dari apa pun, saya menghargai mereka yang mempertahankan harga tetap murah selama ini,” sahut netizen lain.

Tak sedikit dari mereka yang mengaku akan tetap membeli Umaibo. Mereka pun tak keberatan jika harus mengeluarkan kocek lebih. “Saya akan tetap membeli sebanyak yang saya lakukan sekarang meskipun harganya 20 yen (Rp 2.000),” ungkap seorang netizen.

Untuk diketahui, walaupun saat ini harga Umaibo naik, tapi harganya masih terbilang murah dibanding snack lain di Jepang.

(adr/odi)

Membagikan
Exit mobile version