Rabu, Oktober 2


Jakarta

Wisatawan ini merasa terjebak membeli makanan di pusat kuliner. Ia membeli dari penjual yang berhijab, tetapi ternyata makanannya tidak halal.

Bagi muslim, memilih makanan yang halal menjadi tantangan tersendiri ketika sedang berlibur ke suatu negara. Pasalnya tidak semua gerai punya stiker halal sebagai tanda.

Terkadang mereka hanya melihat dari penjualnya. Jika penjualnya berhijab, maka mereka beranggapan bahwa makanan yang dijual pun halal dan sesuai syariat.


Namun, faktanya tidak selalu begitu. Hal ini dialami oleh seorang keluarga asal Malaysia yang tengah berlibur ke Thailand. Mereka merasa terjebak saat makanan di pusat kuliner.

Pria Muslim Kaget Beli Makanan dari Penjual Berhijab, Ternyata Non Halal Foto: mStar

Pengalaman tersebut dibagikan oleh Ilham Hamdani lewat video TikToknya. Berawal ketika ia mengajar keluarganya untuk kulineran di Center One Shopping Plaza, Thailand.

Saat itu, istri Ilham mengeluh dengan kebersihan dan status halal makanan di sana. Karenanya, ia pun bertanya kepada seorang penjual makanan berhijab.

Betapa terkejutnya ketika ia tahu bahwa makanan yang dijajakan oleh penjual berhijab tersebut tidak halal. Sementara dirinya sudah membeli makanan dari gerai tersebut.

Anaknya juga telah membeli makanan dengan campuran daging, tetapi belum diketahui daging apa. Karenanya ia memilih untuk tidak memakannya.

Pusat kuliner, ilustrasi. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Situasi ini menimbulkan kebingungan, karena pasti banyak pengunjung lain yang tidak menyadari status halal.

“Pasti banyak yang merasa terjebak juga, mereka gak sadar dengan status halal dan hanya memilih makanan karena melihat penjualnya berhijab,” tuturnya seperti yang dikutip dari mStar (28/09/24).

Karenanya ia mengimbau para muslim untuk lebih berhati-hati saat kulineran di pusat kuliner Hat Yai, Thailand. Pastikan untuk bertanya terlebih dahulu.

Hal ini juga pernah terjadi di Indonesia. Pada 2022 lalu, ada seorang wanita berhijau yang berjualan bakso goreng babi. Ia berjualan di kawasan Sudirman Street Day and Night Market, Bandung, Jawa Barat.

Setelah dikonfirmasi, rupanya wanita tersebut hanya bekerja di gerai milik bosnya. Setelah viral, ia memilih menggunakan sarung tangan dan capitan saat menyajikan bakso goreng babi, untuk meminimalisir terjadinya sentuhan.

(raf/odi)

Membagikan
Exit mobile version