Minggu, Oktober 20

Jakarta

Presiden Republik Indonesia terbaru periode 2024-2029, Prabowo Subianto, mengungkapkan digitalisasi bisa menjadi salah satu cara untuk memberantas korupsi.

“Sudah saya katakan, kita harus berani menghadapi dan memberantas korupsi dengan perbaikan sistem, dengan penegakan hukum yang tegas, dengan digitalisasi, Insya Allah kita akan kurangi korupsi secara signifikan,” tegas Prabowo, dari podium pidato di arena pelantikan, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen RI, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Kendati begitu, dirinya mengingatkan, hal ini menjadi tugas bersama dan seluruh unsur pimpinan harus memberikan contoh, agar kepemimpinan pemerintahan dapat berjalan sebersih-bersihnya.


“Ada pepatah yang mengatakan kalau ikan menjadi busuk, busuknya mulai dari kepala. Semua pejabat dan semua eselon, dan semua tingkatan harus memberi contoh, untuk menjalankan kepemimpinan pemerintahan yang sebersih-bersihnya,” jelas Prabowo.

Prabowo menambahkan, supaya korupsi bisa diberantas, selain para pemimpinnya harus memberikan contoh baik dan benar, setelah itu melakukan penegakan hukum yang tegas dan keras.

Menurutnya, korupsi membahayakan masa depan masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak. Ia ingin masyarakat sadar, bahwa terlalu banyak kebocoran anggaran, penyimpangan, dan kolusi di antara para pejabat politik, hingga pejabat pemerintah di semua tingkatan.

“Dengan pengusaha-pengusaha yang nakal, pengusaha-pengusaha yang tidak patriotik, jangan lah kita takut untuk melihat realita ini. Kita masih melihat sebagian saudara-saudara kita yang belum menikmati hasil kemerdekaan,” kata Prabowo.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sudah mengucapkan sumpah sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Prabowo-Gibran resmi menjadi orang nomor 1 dan 2 di Indonesia periode 2024-2029.

Pengucapan sumpah berlangsung saat Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Jakarta pada Hari Minggu, 20 Oktober 2024. Sidang dimulai pukul 10.00 WIB dan dipimpin oleh Ketua MPR Ahmad Muzani.

Prabowo mengucapkan sumpah terlebih dahulu, baru kemudian diikuti oleh Gibran. Sidang ini diikuti oleh Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres ke-13 RI Ma’ruf Amin.

(hps/rns)

Membagikan
Exit mobile version