Rabu, Oktober 23

Jakarta

Presiden Prabowo Subianto telah mengumumkan susunan menterinya dalam Kabinet Merah Putih. Mantan Menteri Kominfo, Budi Arie Setiadi, ditunjuk sebagai Menteri Koperasi.

Pengumuman kabinet ini disampaikan oleh Presiden Prabowo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (20/10/2024), didampingi oleh Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

“Budi Arie Setiadi MSI, Menteri Koperasi,” ujar Prabowo di Istana Kepresidenan.


Sementara itu, jabatan lamanya diisi oleh Meutya Viada Hafid. Namun nama kementeriannya kini telah berubah, bukan lagi Kementerian Komunikasi dan Informatika, melainkan Kementerian Komunikasi dan Digital.

“Meutya Viada Hafid, Bachelor Engineering M.I.P, Menteri Komunikasi dan Digital,” kata Prabowo.

Dengan ditunjuknya Meutya sebagai Menkominfo, ini menjadi sejarah baru bagi lembaga yang menaungi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Sebab, Meutya menjadi Menkominfo perempuan pertama dalam sejarah Kementerian Kominfo.

“Demikian telah saya umumkan, para menteri dan para wakil menteri Kabinet Merah Putih dan rencananya besok pagi akan saya lantik para menteri pukul 10.00 WIB dan pada siang harinya saya akan lantik para wakil menteri,” ungkap Prabowo.

Sebelumnya, dirinya memang telah memanggil lebih dari 100 nama sebagai calon menteri dan wakil menterinya Senin-Selasa pekan lalu di kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan.

Para calon menteri dan calon wakil menteri juga telah mengikuti pembekalan atau Hambalang Retread pada Kamis-Jumat lalu di kediaman Prabowo di Hambalang, Bogor.

Setelah pelantikan kabinet, nantinya para menteri dan wakil menteri Prabowo akan mengikuti pembekalan di Magelang, Jawa Tengah. Pembekalan itu rencananya akan berlangsung pada 23-27 Oktober 2024.

Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka telah dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk masa jabatan 2024-2029 pagi tadi (20/10). Pelantikan tersebut dihelat di gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta pukul 10.00 WIB.

(hps/rns)

Membagikan
Exit mobile version