Jumat, September 20

Jakarta

Pre-order iPhone 16 series sudah dibuka sejak Jumat (13/9) kemarin. Ternyata permintaan terhadap ponsel terbaru Apple turun signifikan dibandingkan generasi sebelumnya.

Analis Ming-Chi Kuo memperkirakan penjualan keempat model iPhone 16 mencapai sekitar 37 juta unit di akhir pekan pertama setelah pre-order dibuka, turun hampir 13% dibandingkan penjualan iPhone 15 series di akhir pekan pertamanya tahun lalu.

Kuo mengatakan estimasi ini berdasarkan survei rantai pasok dan perkiraan pengiriman iPhone 16 series di website resmi Apple. Ia menambahkan salah saty faktor yang menyebabkan penurunan ini adalah permintaan terhadap model Pro yang lebih rendah.


Permintaan terhadap iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max masing-masing turun sekitar 27% dan 16% dibandingkan penjualan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max pada periode yang sama tahun lalu.

Di sisi lain, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus justru mengalami kenaikan, masing-masing sebesar 10% dan 48% dibandingkan iPhone 15 dan iPhone 15 Plus tahun lalu.

Penurunan penjualan iPhone 16 Pro sebesar 43% dan kenaikan penjualan iPhone 16 reguler sebesar 58% sekilas mengindikasikan pertumbuhan penjualan iPhone 16 series yang positif. Tapi nyatanya tidak seperti itu.

Kuo mengatakan penjualan di akhir pekan pertama untuk iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max masing-masing sebesar 7,3 juta unit, 2,6 juta unit, 9,8 juta unit, dan 17,1 juta unit, seperti dikutip dari Android Authority, Selasa (17/9/2024).

Jadi, walaupun penjualan iPhone 16 Plus mengalami kenaikan signifikan, secara unit penjualannya tetap yang paling sedikit dibandingkan model lainnya. Efek penurunan permintaan iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max juga lebih besar dibandingkan kenaikan varian reguler dan Plus.

Kuo mengatakan permintaan terhadap iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max yang lebih rendah dari perkiraan dipengaruhi oleh absennya Apple Intelligence saat peluncuran. Selain itu, Apple juga menghadapi kompetisi yang lebih ketat di China

Ia menambahkan Apple kemungkinan akan menggunakan strategi produk yang lebih agresif tahun depan jika Apple Intelligence dan promosi lainnya tidak mampu mendorong penjualan iPhone 16 series.

(vmp/afr)

Membagikan
Exit mobile version