Sabtu, Oktober 12


Jakarta

Tentara Komando Distrik Militer Aceh Selatan, Drama (37) mengungkapkan kisahnya merasakan manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk dirinya dan keluarga. Ia mengaku program ini sangat penting dalam membantu tentara sepertinya menjaga kesehatan.

“Sebagai prajurit, kami dituntut untuk selalu dalam kondisi fisik yang prima. Namun, terkadang kesehatan bisa terganggu karena berbagai faktor, sehingga membutuhkan pengobatan agar bisa kembali dalam kondisi prima. Di sini lah peran Program JKN menjadi sangat penting bagi kami dan rekan-rekan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (10/10/2024).

Drama mengungkapkan ia bersama istri dan ketiga anaknya merupakan peserta JKN yang terdaftar pada segmen Pekerja Penerima Upah (PPU). Menurutnya, sejak bergabung sebagai peserta Program JKN, transformasi program ini sangat terasa, mulai dari transformasi pada sisi administrasi hingga pada saat mengakses layanan kesehatan.


“Sekarang saya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan tanpa harus khawatir soal biaya. Akses ke layanan kesehatan juga lebih baik dan membuat saya merasa lebih tenang dan bisa lebih fokus pada tugas pekerjaan saya,” terang Drama.

Drama pun menceritakan salah satu kemudahan yang dialaminya dalam memanfaatkan JKN, yakni saat istri melakukan proses persalinan terhadap anak pertama mereka. Berkat terdaftar sebagai peserta JKN, katanya, proses persalinan berjalan lancar tanpa ada biaya tambahan lainnya.

“Prosesnya sangat lancar, petugas rumah sakit, perawat beserta dokter langsung membantu kami tanpa ada kendala. Kami merasa lega karena semua biaya sudah dijamin oleh Program JKN dan hal ini memberikan rasa aman dan nyaman bagi kami sebagai orang tua baru. Kami bisa fokus pada proses perawatan ibu dan bayi,” jelasnya.

Baru-baru ini, ia juga mengaku memiliki pengalaman dari Program JKN saat mengakses layanan kesehatan.

“Baru-baru ini ketiga anak saya mengalami masalah kesehatan yang mengharuskannya dirawat di rumah sakit. Saat itu cukup dengan menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), anak saya langsung mendapatkan penanganan yang cepat dan lancar di rumah sakit. Dokter yang menangani anak saya sangat profesional dan ramah, membuat saya merasa nyaman untuk berkonsultasi lebih jauh,” bebernya.

Mengingat mudahnya berobat menggunakan BPJS Kesehatan, ia berharap lebih banyak rekan-rekannya memanfaatkan Program JKN. Menurutnya, program ini bukan sekadar jaminan kesehatan, tetapi bentuk perhatian dari pemerintah terhadap para tentara dan masyarakat umum.

“Saya harap semua prajurit bisa merasakan manfaat dari Program JKN ini. Kesehatan adalah investasi yang sangat penting untuk menjalankan tugas dengan baik. Kami sebagai Abdi Negara merasa diperhatikan dan dihargai,” tutur Drama.

“Program ini adalah salah satu wujud nyata dari komitmen pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup rakyatnya, termasuk kami yang bertugas di garis depan,” sambungnya.

Lebih lanjut, Drama mengatakan Program JKN memberi dampak positif bagi banyak orang, jaminan kesehatan yang lebih baik, serta menjangkau lebih banyak masyarakat. Ia berharap Program JKN dapat terus memberikan manfaat yang maksimal bagi seluruh peserta di seluruh Indonesia.

(anl/ega)

Membagikan
Exit mobile version