Rabu, Oktober 23

Jakarta

Presiden Prabowo Subianto mengumumkan sosok yang menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) di era kepemimpinannya. Dia adalah Meutya Hafid yang ditunjuk untuk menggantikan posisi Budi Arie Setiadi.

Meutya yang merupakan politikus Partai Golkar ini sebelumnya mengemban tugas Ketua Komisi I DPR RI periode 2019-2024. Adapun, Kominfo ialah mitra kerja Komisi I DPR RI.

Didampingi Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, Prabowo menunjuk Meutya sebagai Menkominfo di Kabinet Merah Putih. Berbeda dari sebelumnya, ada perubahan nama jabatan yang kini menjadi Menteri Komunikasi dan Digital.


“Meutya Viada Hafid, Menteri Komunikasi dan Digital,” ujar Prabowo dalam pengumuman Kabinet Merah Putih di Istana Kepresidenan Jakarta, Minggu (20/10/2024) malam.

Sedangkan Budi Arie Setiadi akan menduduki jabatan Menteri Koperasi di era pemerintahan Prabowo-Gibran.

Untuk diketahui, Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka telah dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI untuk masa jabatan 2024-2029 pagi tadi. Pelantikan itu digelar MPR RI di gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta pukul 10.00 WIB, Minggu (20/10/2024).

Prabowo juga telah memanggil para calon menteri dan wakil menteri ke kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. Setelahnya, Prabowo mengumpulkan para calon menteri dan wakil menteri untuk mengikuti pembekalan di kediaman di Hambalang, Jawa Barat. Para calon menteri dan wakil menteri mengikuti pembekalan selama dua hari.

Dengan ditunjuknya Meutya Hafid sebagai Menkominfo oleh Prabowo, menjadi sejarah baru bagi lembaga yang menaungi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ini. Sebab, Meutya menjadi Menkominfo perempuan pertama dalam sejarah Kementerian Kominfo.

(agt/rns)

Membagikan
Exit mobile version