Jumat, Oktober 11


Jakarta

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan dari Deputi Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Republik Slovakia Robert Kaliňák. Pertemuan keduanya digelar di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat.

Dalam rilis yang diterima, Kamis (10/10/2024), Prabowo didampingi sejumlah pejabat Kemhan RI, di antaranya Wamenhan Herindra, Asisten Khusus Menhan Bidang Manajemen Pertahanan Letnan Jendral TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, Kabaranahan Kemhan, Dirjen Strahan Kemhan dan Dirjen Pothan Kemhan.

Prabowo menyampaikan pertemuan itu membahas kembali komitmen terkait hubungan pertahanan. Menurutnya, Indonesia dan Slovakia telah membangun hubungan bilateral yang baik.


“Kami menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk menciptakan hubungan pertahanan bilateral yang harmonis dan saling menguntungkan dengan Slovakia, sejalan dengan hubungan baik antara kedua negara,” kata Prabowo.

Adapun di bidang pendidikan, saat ini Universitas Pertahanan Republik Indonesia dan Akademi Angkatan Bersenjata Jenderal Milan Ratislav Stefanik (the Armed Forces Academy of General Milan Ratislav Stefanik) telah sepakat untuk menindaklanjuti kerja sama berupa Nota Kesepahaman atau MoU tentang Kegiatan Kerja Sama Akademik. MoU tersebut diharapkan dapat segera ditandatangani dalam waktu dekat.

Kabiro Humas Setjen Kemhan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha mengatakan, meskipun secara geografis RI dan Republik Slovakia sangat berjauhan, tapi kedua negara memiliki kepentingan yang sama di bidang pertahanan. Slovakia disebut memiliki industri pertahanan dan teknologi tinggi yang telah memenuhi standar NATO.

(fca/fas)

Membagikan
Exit mobile version