Kamis, September 19


Jakarta

Pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming sebagai presiden dan wakil presiden digelar pada 20 Oktober mendatang. Prabowo disebut berencana langsung mengumumkan sendiri soal susunan kabinetnya setelah dilantik.

“(Susunan kabinet) Rencana diumumkan 20 Oktober,” kata Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan, Minggu (15/9/2024).

Sementara, menurut Dasco, Prabowo bakal melantik menteri-menterinya pada sehari setelah pelantikannya sebagai presiden. Dia menyebutkan pelantikan menteri-menteri kabinet baru itu dilakukan pada 21 Oktober.


“Dan dilantik tanggal 21 Oktober,” ujarnya.

Soal kabinet Prabowo, Dasco sebelumnya sempat menyampaikan bahwa pihaknya masih melakukan simulasi soal pos kementerian. Menurut dia, penambahan kementerian guna mengoptimalkan program Prabowo-Gibran.

“Tapi jumlahnya ini sedang kita simulasikan sesuai dengan optimalisasi kementerian dan dalam rangka mewujudkan janji-janji kampanye yang kemarin itu ada termaktub dalam Asta Cita dan program Aksi, sehingga bisa lebih fokus,” kata Dasco di gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9).

“Kemudian untuk kebermanfaatan bagi masyarakat. Nah tetapi mengenai jumlah, nah itu saya belum bisa sampaikan kepada publik karena masih kita simulasikan,” ujar dia.

Seiring dengan proses simulasi yang dilakukan koalisi, Dasco mengatakan finalisasi susunan kabinet belum dapat dilakukan saat ini. Dasco mengatakan susunan kementerian Prabowo-Gibran baru akan difinalisasi pada tujuh hari (H-7) sebelum pelantikan pada 20 Oktober.

“Masih terus pembahasan dan akan finalisasi, mungkin ya 7 hari sebelum pelantikan baru final,” ujarnya.

“Mungkin nomenklatur maupun orang itu baru akan final H-7 atau H-5 kali mungkin,” tambah dia.

(fca/imk)

Membagikan
Exit mobile version