Selasa, Juli 2


Jakarta

Sebuah kota kecil di Swedia menjual tanahnya per meter persegi hanya 0,08 euro atau Rp 1.400. Langkah itu dilakukan demi menambah populasi di daerah itu.

Diberitakan euronews, Jumat (28/6/2024) kampanye tanah murah itu dilakukan Goten, sebuah kota kecil dengan jumlah penduduk sekitar 5.000 jiwa. Goten ingin menarik penduduk baru untuk mengimbangi populasi yang menua dan rendahnya angka kelahiran di sana.

Wali Kota Johan Mansson mengatakan siapapun boleh membeli tanah di sana. Tidak ada aturan khusus, bahkan orang luar juga boleh membeli tanah.


“Siapa pun boleh membeli salah satu lahan tersebut. Tidak ada aturan atau persyaratan siapa yang boleh membelinya. Akan sangat luar biasa jika kita bisa membuat orang-orang dari luar negeri tertarik untuk membeli tanah di sini juga,” ujarnya.

Walkot Mansoon tidak merinci syarat status orang yang bisa membeli tanah, apakah hanya cukup memiliki izin tinggal atau harus menjadi warga negara Swedia lebih dulu. Bisa jadi, hanya orang yang tinggal secara sah di Swedia yang memenuhi syarat untuk bisa membeli tanah.

Apalagi, setelah mendapatkan tanah, yang bersangkutan dimintai komitmen untuk memanfaatkan lahan tersebut. Pembeli harus mulai membangun lahan mereka dalam waktu dua tahun. Jika tidak, tanah tersebut harus dikembalikan kepada pemerintah kota setempat.

“Beberapa dari lahan ini telah dijual selama bertahun-tahun, seringkali puluhan tahun, karena lahan tersebut kurang lebih telah dilupakan,” kata Mansson.

Kampanye telah dilakukan semenjak sebulan lalu dan sudah 3 bidang tanah yang terjual. Sejauh ini peminatnya terus bertambah.

Kampanye tanah murah ini akan terus berlangsung hingga tahun 2025 nanti.

Ada apa di Goten?

Göten adalah tujuan populer bagi wisatawan dari Swedia dan sekitarnya. Kota itu terkenal dengan beberapa bangunan bersejarah, termasuk gereja Romawi Husaby Kyrka, Martorpsfallet dengan air terjunnya, dan kawasan satwa liar Österplana Hed och Vall.

Destinasi itu menyuguhkan perpaduan pengalaman sejarah, alam, dan budaya, menarik pengunjung untuk menjelajahi kekayaan warisan kota dan lanskap indah.

(sym/sym)

Membagikan
Exit mobile version