Rabu, September 18


Jakarta

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara (Sumut). Dia menilai ajang tersebut tidak hanya meningkatkan prestasi di bidang olahraga saja, tapi di sisi lain juga ikut mendongkrak perekonomian masyarakat, khususnya di Aceh dan Sumut.

Menurut Tito, adanya PON XXI akan menggerakkan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Karena itu, dia meminta agar kedua provinsi tersebut dapat memanfaatkan ajang empat tahunan ini dengan sebaik-baiknya.

“(Pelaksanaan PON) ini manfaatkan juga tidak hanya sekadar event olahraga, tapi juga buat side event. Event-event sampingan untuk memperkenalkan Aceh, mempromosikan Aceh (dan Sumut, sehingga dapat) mengambil manfaat ekonomi dengan adanya PON ini. Misalnya membuat dengan adanya semacam pesta seni, pesta musik, musik lokal,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (30/8/2024).


Hal itu dia sampaikan saat memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan PON XXI Tahun 2024 secara daring dari Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta.

Dia pun mendorong Pemprov Aceh dan Sumut dapat menghadirkan ragam hiburan rakyat untuk menarik minat publik. Dengan demikian, masyarakat dapat mengikuti gelaran PON XXI sekaligus menikmati hiburan yang disuguhkan.

Di lain sisi, Tito meminta agar persiapan teknis menjelang pelaksanaan PON dimatangkan. Ini mencakup kesiapan infrastruktur, moda transportasi, hingga kebersihan lokasi.

“Manfaatkan betul sekali lagi event seperti ini,” imbuhnya.

Dia menekankan ajang PON XXI merupakan kebanggaan besar bangsa Indonesia, tak terkecuali masyarakat Aceh dan Sumut. Apalagi perlombaan ini juga diikuti oleh perwakilan atlet dari 38 provinsi di Indonesia. Selain itu, dalam pembukaannya, PON XXI direncanakan bakal dihadiri Presiden Joko Widodo, para menteri, dan sejumlah pejabat terkait.

Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak meliputi kementerian/lembaga, pemerintah daerah (Pemda), hingga media massa untuk ikut serta meramaikan event tersebut. Dengan begitu, gelaran ini akan dapat diikuti seluruh lapisan masyarakat dan bakal menambah rasa bangga terhadap Indonesia.

Simak Video: Jokowi Minta PON di Aceh dan Sumut Digelar Tepat Waktu

[Gambas:Video 20detik]

(akd/ega)

Membagikan
Exit mobile version