Kamis, September 26


Jakarta

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan alasan perubahan nomenklatur Asrena dan Astama menjadi Asisten Utama Kapolri bidang Perencanaan dan Anggaran (Astamarena) dan Asisten Utama Kapolri Bidang Operasi (Astamaops) dalam struktur Mabes Polri. Trunoyudo mengatakan jabatan tersebut diisi oleh jenderal bintang tiga.

“Jadi, terkait dengan adanya restrukturisasi termasuk di antaranya adalah peningkatan leveling pada Astama yang tadi awalnya adalah Asisten Kapolri menjadi Astama atau Asisten Utama, ini leveling naik menjadi bintang tiga,” jelas Trunoyudo kepada wartawan di Bareskrim Polri, Selasa (24/9/2024).

Dia mengatakan kedua jabatan tersebut didasarkan pada adanya penambahan beban kinerja yang kemudian dikukuhkan lewat peraturan presiden (perpres).


“Semua itu mendasari pada apa yang sudah dilakukan langkah oleh Polri dan kemudian adanya peningkatan beban kinerja yang menjadi landasan kemudian dikeluarkanlah perpres, perpres di antaranya bukan hanya peningkatan leveling, tapi juga ada peningkatan restrukturisasi, khususnya di Bareskrim,” kata Trunoyudo.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga sudah menindaklanjuti Perpres tersebut dengan mengukuhkan Irjen Wahyu Hadiningrat sebagai Asisten Utama Kapolri bidang Perencanaan dan Anggaran (Astamarena). Nantinya pangkat Wahyu Hadiningrat akan naik menjadi Komjen.

Keputusan itu tertuang dalam Surat Telegram (ST) nomor ST/2100/IX/2024 yang ditandatangani As SDM Kapolri, Irjen Dedi Prasetyo, pada 20 September 2024.

Irjen Wahyu Hadiningrat sebelumnya menjabat Asisten Kapolri bidang Perencanaan dan Anggaran (Asrena).

Pengukuhan Irjen Wahyu Hadiningrat sebagai Astamarena merupakan konsekuensi setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) meneken Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 90 Tahun 2024 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia yang merupakan perubahan atas Perpres Nomor 52 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dalam ST/2100/IX/2024, Kapolri juga mengukuhkan Irjen Verdianto Iskandar Bitticaca sebagai Asisten Utama Kapolri Bidang Operasi (Astamaops). Irjen Verdianto sebelumnya menjabat Asisten Kapolri bidang Operasi (Asops).

Pangkat Irjen Verdianto juga nantinya akan naik satu tingkat menjadi komjen.

(knv/knv)

Membagikan
Exit mobile version