Senin, September 30


Jakarta

Kebakaran terjadi di gedung Perintis Kemerdekaan di Menteng, Jakarta Pusat, yang menyebabkan kantor Bakamla ikut terdampak. Polisi mengatakan tidak ada korban jiwa ataupun terluka akibat kebakaran tersebut.

“Korban jiwa nihil, untuk korban jiwa dilaporkan nihil. Petugas piket dari Bakamla ini juga melaporkan tidak ada korban jiwa,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan, Minggu (29/9/2024).

Susatyo mengatakan kondisi gedung tersebut kosong karena sedang libur akhir pekan. Dia mengatakan ada 16 orang tukang yang sedang melakukan proses renovasi saat kebakaran terjadi.


“Tidak ada korban karena gedung sedang kosong. ada pekerjaan renovasi di bagian gedung Komnas Perempuan. Nanti kami periksa lagi tukang-tukangnya,” ujarnya.

Susatyo menyebutkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Bakamla terkait peristiwa kebakaran yang terjadi. Hingga kini, beberapa dokumen penting sudah berhasil diamankan.

“Tadi kami saat ini juga terus bersama Kabakamla untuk dokumen penting, barang penting semua sudah diamankan. Sehingga kami juga nanti setelah selesai ini akan melakukan pemeriksaan ulang oleh pihak dari Bakamla,” jelasnya.

Saksi Dengar Ledakan

Salah seorang saksi bernama Anam (55) mengatakan peristiwa kebakaran terjadi pada sekitar pukul 06.15 WIB pagi tadi. Saat itu dia mendengar ledakan dari arah Gedung Perintis Kemerdekaan.

“Awalnya begini, tadi saya mau senam di sini jam 06.13. Saya pergi dulu ke kamar mandi di Tugu Proklamasi, begitu saya di dalam kamar kecil saya dengar ledakan,” kata Anam saat ditemui di lokasi, Minggu (29/9).

Anam mengatakan ledakan terjadi beberapa kali. Saat dia keluar, dia melihat api sudah membubung tinggi membakar gedung Perintis Kemerdekaan. Warga sekitar pun panik berlarian.

“Begitu saya keluar warga udah mulai panik. Karena (saksi) kebanyakan ibu ibu mereka takut berteriak, sampai keluar gedung (Tugu Proklamasi),” ujarnya.

Dia tidak mengetahui pasti apakah dalam gedung yang terbakar ada orang atau tidak. Namun dia mengaku mendengar ada orang yang berteriak meminta tolong.

“Saya nggak melihat di dalam. Tapi ada suara minta tolong dari dalam. Apinya cepat membesar cepat mengepul asap hitam,” tuturnya.

Simak Video: Polisi Periksa 16 Tukang Renovasi di Gedung Bakamla Terkait Kebakaran

[Gambas:Video 20detik]

(wnv/haf)

Membagikan
Exit mobile version