Sabtu, September 14


Jakarta

Polda Metro Jaya meminta masyarakat yang tidak berkepentingan untuk menghindari Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta Pusat saat misa kudus Paus Fransiskus. Masyarakat juga diminta untuk mengikuti arahan dari Pj Gubernur Jakarta, Heru Budi Hartono agar menerapkan work from home (WFH).

“Kemarin dari Pj Gubernur mengimbau agar masyarakat melakukan WFH. Kami juga menginformasikan kepada masyarakat di mana kegiatan Paus, agar yang tidak berkepentingan tidak menuju lokasi tersebut untuk menghindari kepadatan,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman kepada wartawan, Jumat (30/8/2024).

Kemudian Latif juga menyampaikan Polda Metro Jaya telah menyiapkan beberapa kantong parkir bagi masyarakat yang akan menghadiri misa Paus Fransiskus. Masyarakat diharapkan dapat mengoptimalkan kantong-kantong parkir yang telah disediakan.


“Kantong parkir sudah kita siapkan, nanti ada di Smesco, Aldiron, Kemayoran. Begitu juga di Kampung Rambutan sampai dengan Taman Mini, TMII, yang kita siapkan,” ujar Latif.

Rekayasa Lalin

Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas selama kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta pada 3-5 September 2024. Rekayasa lalu lintas ini akan dilakukan secara situasional.

“Dalam menuju satu tempat ke tempat lain betul-betul pengamanan secara penuh. Itu untuk jalur kita akan clear-kan. Untuk pengaturan arus lalu lintas kita akan lihat situasional,” kata Latif.

Latif menjelaskan pihaknya juga akan menelusuri lebih dulu jalur-jalur yang akan dilewati oleh Paus Fransiskus. Dia menyebut nantinya jalan yang ditutup hanya saat Paus melintas.

“Kita akan lihat kegiatan ini, jalur-jalur yang akan dilewati akan kita telusuri terlebih dahulu, bebas dari hambatan dan bebas dari segala hal yang tidak kita inginkan,” jelas Latif.

Anjuran WFH 5 September

Kasetpres Heru Budi Hartono mengimbau pekerja melakukan work from home (WFH) pada 5 September mendatang. Sebab, di tanggal tersebut akan ada misa akbar Paus Fransiskus di Gelora Bung Karno (GBK) dan Indonesia Sustainability Forum di JCC, Senayan.

“Penekanan kami adalah bahwa di tanggal 5 (September) selain ada kepala tamu negara juga ada kegiatan kenegaraan lainnya yang bersamaan yaitu Indonesia Sustainability Forum di mana diadakan di JCC, di tanggal 5 juga diadakan Misa di GBK, sehingga saya mengimbau kepada masyarakat mencermati ini khususnya tanggal 5 (September) untuk bisa memperhatikan, nanti akan dijelaskan oleh kepala dinas perhubungan dari Polda maupun dari Kodam atau kodim yang menyesuaikan khususnya arus lalu lintas di mana nanti ada pengalihan di titik-titik tertentu,” kata Heru kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/8/2024).

Oleh karena itu, Heru mengimbau pekerja work from home pada 5 September. Hal itu guna mencegah kepadatan.

“Dan juga saya mengimbau kepadatan tanggal 5 (September) ada dua kegiatan besar maka kami harapkan masyarakat bisa melihat ini mencermati ini sehingga bisa mengambil keputusan untuk melakukan work form home secara mandiri,” lanjut Heru.

(mea/mea)

Membagikan
Exit mobile version