Senin, Juli 1


Bekasi

Mengedukasi aturan lalu lintas bisa dilakukan sejak dini. Satlantas Polres Metro Bekasi Kota aktif memberikan edukasi. Kali ini, Satlantas Polres Metro Bekasi Kota mengedukasi anak-anak berusia hingga 6 tahun dari Bekasi.

Kanit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Satlantas Polres Metro Bekasi Kota AKP Indira mengatakan, edukasi pemahaman lalu lintas memang dibutuhkan sejak usia dini. Kali ini, Satlantas Polres Metro Bekasi Kota bekerja sama dengan kelompok bermain KAC Play asal Tambun, Bekasi, mengadakan edukasi kepada anak-anak berusia 2-6 tahun di Satlantas Polres Metro Bekasi Kota, Sabtu (29/6/2024).

“Yang namanya disiplin berlalu lintas memang harus dididik sejak usia dini. Supaya apa? Supaya mereka paham, pada saat setiap hari mereka diajak orang tuanya, di mana mereka sudah mengenal yang namanya tertib berlalu lintas, kalaupun misalnya orang tuanya lalai, ataupun melanggar lalu lintas anak-anak bisa mengingatkan,” kata AKP Indira kepada detikOto di Bekasi, Sabtu (29/6/2024).


Satlantas Polres Metro Bekasi memberikan edukasi keselamatan lalu lintas kepada kelompok bermain KAC Play di Tambun, Bekasi Foto: Rangga Rahadiansyah

Menurut Indira, kegiatan ini dikemas agar anak-anak nyaman dan paham bagaimana berlalu lintas yang baik dan benar. Dengan cara ini, diharapkan anak-anak teredukasi dan dapat mencegah kecelakaan lalu lintas.

“Karena yang namanya kecelakaan lalu lintas itu kan tidak memilah dan memilih. Terjadi kepada siapa saja, kapan saja, di mana saja. Jadi kalau misalnya anak-anak ini sudah dibekali sejak dini, minimal mereka bisa mem-barier dirinya sendiri nih yang mana yang salah, yang mana yang benar,” ucap Indira.

Lanjut Indira, pihaknya juga memiliki kampanye Polisi Sahabat Anak. Kampanye itu merupakan pembinaan karakter sejak dini.

“Diharapkan polisi bisa lebih dekat dengan anak-anak, tidak ada lagi rasa takut terhadap polisi. Dan mereka juga paham apa tugas pokok dari polisi. Sehingga tidak ada lagi image polisi menakutkan,” katanya.

Dalam acara ini, anak-anak dari KAC Play diajak mengenal tugas-tugas polisi lalu lintas. Anak-anak juga diajak mengenal arti rambu-rambu lalu lintas dan diajarkan bagaimana menyeberang jalan yang aman.

Sementara itu, KAC Play yang merupakan kelompok bermain anak di Bekasi memiliki beragam aktivitas menarik dan edukatif. Sebelumnya, mereka juga menggelar kelas edukasi bekerja sama dengan pemadam kebakaran, TNI, dokter gigi, hingga mengenal profesi chef di restoran ternama.

(rgr/mhg)

Membagikan
Exit mobile version