Kamis, Oktober 3


Jakarta

Waketum PKB Jazilul Fawaid mengungkap Cucun Ahmad Syamsurijal yang akan jadi pimpinan DPR dari Fraksi PKB. Sebelumnya beredar kabar PKB mengusulkan Faisol Riza jadi pimpinan DPR.

“Pak Cucun Ahmad Syamsurijal,” kata Jazilul kepada wartawan di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Jazilul juga mengatakan formasi pimpinan DPR tidak akan berubah. Sesuai UU MD3, pimpinan DPR akan diisi 5 partai teratas hasil pemilu 2024. Masing-masing partai sudah memiliki nama untuk diusulkan jadi pimpinan DPR, tinggal menunggu waktu pengumuman.


“PDIP, Golkar, Gerindra, NasDem, PKB. Nama-namanya sudah ada nanti tunggu saja,” kata dia.

Jazilul menyebut nama-nama itu akan diputuskan pada paripurna hari ini. Paripurna penentuan pimpinan DPR dijadwalkan pukul 16.30 WiB.

“Nanti paripurnanya 16.30,” sebut dia.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP, Said Abdullah, mengaku telah mendengar nama-nama yang akan menjadi Pimpinan DPR RI 2024-2029. Said membocorkan nama-nama itu.

“Sekelumit tentu dari Gerindra Pak Dasco, Golkar nampaknya menurut hemat saya yang saya dengar Adies Kadir, dari NasDem saya dengar juga ada Saan Mustopa dan dari PKB mantan Ketua Komisi VI adinda Riza,” kata Said kepada wartawan di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Said mengatakan nama pimpinan DPR dari PDIP adalah Puan Maharani. Dia mengatakan keputusan itu sudah final.

“Dari PDIP sesuai dengan UU MD3 insyaallah kalau tidak ada aral, tidak ada halangan, tidak ada hambatan, Mbak Puan Maharani untuk kedua kalinya memimpin DPR RI,” kata dia.

(ial/eva)

Membagikan
Exit mobile version