Rabu, Juli 3


Jakarta

Sebuah video viral memperlihatkan pria yang asyik makan bekal sederhana berupa nasi dengan kuah air putih. Pemandangan ini pun bikin banyak netizen pilu, apalagi usai tahu alasan di baliknya.

Berbagai cara dilakukan seorang pria yang merupakan kepala keluarga demi membuat anggota keluarganya hidup layak. Ia rela mengorbankan dirinya sendiri agar anggota yang lain bisa berbahagia.

Prinsip ini agaknya dipegang seorang pria yang bekerja sebagai pegawai kebersihan kontrak di Malaysia. Kisahnya viral usai diunggah netizen TikTok ben.ismail_ (25/6/2024).


Ben menunjukkan warga negara asing itu sedang menyantap bekalnya. Ditaruh dalam wadah plastik warna pink, bekal tersebut ternyata hanya berisi nasi dengan kuah air putih!

Pria tersebut memakannya lahap dengan menggunakan tangan telanjang. Raut wajahnya tak terlihat sedih, justru semangat. Saat beberapa butir nasi jatuh ke pangkuannya, pria itu juga tak segan memungutnya untuk dimakan.

Pria berhemat dengan makan nasi pakai air putih. Foto: TikTok ben.ismail_ via Weird Kaya

Ben sempat bertanya pada pria tersebut mengapa makanannya sangat sederhana. Pegawai kebersihan itu bilang ia sengaja melakukannya agar bisa menabung lebih banyak uang untuk keluarganya.

“Meski makan seperti ini, mereka tetap tersenyum. Mashallah, semoga mereka terus diberkati dengan rezeki dari Allah. Aamiin,” tulis Ben.

Kepada WeirdKaya (26/6/2024), Ben bercerita lebih lanjut mengenai hal ini. Ia bertemu pria tersebut saat tugas pemantauan di wilayah Klang.

Ia menegaskan bahwa niatnya dalam membagikan video tersebut bukanlah untuk mengeksploitasi situasi pekerja atau membuatnya menjadi viral, melainkan untuk menumbuhkan rasa syukur dan empati.

“Tujuan saya dalam mengunggah video tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran dalam diri saya tentang makna syukur yang sebenarnya. Di masa-masa sulit, ada orang lain yang menghadapi tantangan yang lebih besar,” ungkap Ben.

Pilu! Kisah Pria yang Makan Nasi Pakai Kuah Air Putih Demi BerhematPria ini mengaku ingin berhemat untuk keluarganya. Foto: TikTok ben.ismail_ via Weird Kaya

Videonya sudah ditonton lebih dari 2,3 juta kali saat berita ini dibuat. Banyak yang merasa pilu dan menunjukkan solidaritas hingga kekaguman untuk betapa gigihnya usaha pria tersebut.

Seorang netizen berujar, “Otomatis saya merasa sangat bersyukur dengan hidup saya sekarang. Jangan mengeluh lagi karena di luar sana, masih banyak orang lain yang hidupnya jauh lebih sulit.””Saya tidak tega melihat mereka menderita seperti ini. Semoga mereka selalu sehat saat mencari rezeki…,” sahut netizen lain.

Pemandangan pilu seperti ini ternyata bukan yang pertama. Sebelumnya juag pernah viral kisah pekerja proyek di Malaysia yang makan nasi dengan kuah dari air putih saja.

Dalam video TikTok @adk_group, tampak beberapa pekerja asing tengah makan siang di lokasi pembangunan dengan menu utamanya nasi putih tanpa lauk apapun.

Di antara para pekerja itu, ada pekerja bangunan yang membawa bekal lauk yang hanya cukup untuk disantap dua orang. Sementara para pekerja lainnya tidak memiliki lauk apapun, lalu menuangkan air putih dari botol ke atas nasi agar tekstur nasi tidak terlalu keras.

(adr/odi)

Membagikan
Exit mobile version