Rabu, Oktober 16


Jakarta

Sebuah momen krusial dialami pesawat yang sedang mengangkasa, tiba-tiba pilot mengalami keadaan darurat medis. Istri si pilot langsung mengambil alih penerbangan dengan dibantu pengendali lintas udara.

Diberitakan AP, Rabu (15/10/2024) Eliot Alper, seorang pialang real estat yang juga pilot, menerbangkan pesawat bermesin ganda Beechcraft King Air 90 bersama istrinya, Yvonne Kinane-Wells. Mereka take off dari Henderson, Nevada menuju ke Monterey, California pada 4 Oktober.

Eliot tiba-tiba tidak dapat terbang karena keadaan darurat medis. Kendati tak memiliki pengalaman terbang, Kinane Wells, bertindak cepat dan tidak panik. Dia mengambil alih kendali dan mendaratkan pesawat dengan bantuan dari pengendali lalu lintas udara di Bandara Meadows Field di Bakersfield, California.


Sayangnya, Alper meninggal. Laporan Administrasi Penerbangan Federal menyatakan bahwa seorang anggota awak pesawat tewas selama insiden tersebut dan hanya ada satu orang lain, seorang penumpang, di dalam pesawat.

Dikutip dari Stuff, dari rekaman video, pengendali lalu lintas udara terdengar memberikan instruksi pendaratan langkah demi langkah yang terperinci.

“Apakah Anda bersama saya,” kata pengendali lalu lintas udara.

“Ya, saya bersama Anda,” ujar Yvonne.

“Kami akan memandu Anda sehingga saat Anda mendatar dari belokan, Anda akan langsung menuju Bandara Bakersfield. Apakah tidak apa-apa?” pengendali lalu lintas menyahut.

Kinane-Wells menjawab “Oke”, tepat sebelum mendarat.

Dibantu oleh kru darurat yang menggunakan kendaraan mereka untuk mencegat pesawat, ia menggunakan seluruh landasan pacu sepanjang 3.352 meter untuk mendaratkan pesawat.

Petugas Pemadam Kebakaran Kern County dipanggil untuk membantu selama pendaratan darurat.

(sym/fem)

Membagikan
Exit mobile version