Jumat, Oktober 11


Jakarta

Memasuki bulan Oktober, banyak orang bersiap menyambut perayaan Halloween. Namun, Distrik Shibuya di Tokyo akan melarang perayaan tersebut di jalan yang terkenal itu.

Melansir Soranews24, Rabu (9/10/2024), hal itu diumumkan oleh Kepala Distrik Shibuya Ken Hasebe dalam konferensi pers.

“Shibuya ditutup untuk Halloween,” ucapnya.


Umumnya pada malam tanggal 31 Oktober atau akhir pekan yang berdekatan dengan tanggal Halloween kerap ada pameran dadakan di sebagian besar wilayah Jepang.

Namun, seiring dengan semakin banyaknya orang yang memadati area di sekitar Stasiun Shibuya yang menjadi pusat perbelanjaan banyak perilaku yang sulit dikontrol. Misalnya insiden mabuk-mabukan, perilaku tidak tertib, vandalisme, membuang sampah sembarangan, hingga kekerasan yang meningkat.

Larangan event Halloween di Shibuya pun telah dilakukan pada tahun lalu.

“Tidak ada acara Halloween di jalanan Shibuya,” tulis papan pengumuman bertuliskan bahasa Inggris. Sementara tulisan bahasa Jepang mengumumkan “Shibuya bukan tempat acara Halloween,”.

Beberapa tindakan antisipasi pun dilakukan untuk menghentikan kemeriahan Halloween di tempat tersebut. Seperti misal, sejak 1 Oktober konsumsi alkohol di jalan umum sekitar Stasiun Shibuya dilarang setiap pukul 18.00-05.00 selama sepanjang tahun.

Selain itu, pemerintah Distrik Shibuya meminta minimarket, toserba, dan toko minuman beralkohol untuk tidak menjual minuman antara pukul 18.00-05.00 mulai dari 26 Oktober hingga 1 November 2024.

Sementara pada tanggal 25, 26, 30, dan 31 Oktober akan dikerahkan 130 pegawai distrik untuk berpatroli di sekitar area tersebut. Mereka akan bergabung dengan 185 petugas polisi pada tanggal 30-31 Oktober. Tak cukup sampai di sana, 10 menara pengawas keramaian pun didirikan, termasuk di tempat patung anjing Hachiko yang terkenal.

Pada malam Halloween juga akan dipasang pagar di alun-alun untuk membuat jalur satu arah menuju dan keluar dari stasiun.

Semua kebijakan itu menunjukkan bahwa pemerintah Distrik Shibuya tidak dapat secara langsung melarang perayaan Halloween di jalan Shibuya. Namun, karena berbagai kebijakan tersebut tentunya membuat Shibuya tidak nyaman untuk berpesta.

(wkn/wkn)

Membagikan
Exit mobile version