Rabu, Oktober 16


Jakarta

Honda HR-V masih sangat memikat. Buktinya, HR-V meninggalkan rival-rivalnya jauh di belakang kalau urusan penjualan. Begini catatan penjualannya.

Persaingan di segmen SUV kompak cukup menarik. Namun satu model yang cukup kuat mengisi segmen tersebut adalah Honda HR-V. Meski banyak pendatang baru berdatangan, nyatanya Honda HR-V masih jadi pilihan utama.


Bisa dilihat dalam data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Honda HR-V masih perkasa di segmen tersebut.

Selama periode September 2024, Honda HR-V jauh meninggalkan rival-rivalnya. Distribusi HR-V secara wholesales tercatat mencapai 1.030 unit. Dua kali lipat melampaui rival-rivalnya. Sebagai perbandingan, pada periode yang sama, Toyota Yaris Cross berada di posisi kedua dengan 460 unit. Selanjutnya di posisi ketiga ada Hyundai Creta dengan distribusi sebanyak 431 unit.

Wuling Alvez mengisi tempat selanjutnya. SUV kompak Wuling ini menempati posisi keempat dari total lima SUV kompak. Distribusi Wuling Alvez tercatat sebanyak 320 unit. Persis di belakang Wuling Alvez, ada Suzuki Grand Vitara yang terdistribusi sebanyak 234 unit. Barulah di posisi buncit ada Chery Omoda 5 yang hanya terdistribusi 91 unit.

Bila dihitung secara akumulatif, Honda HR-V masih unggul jauh. Dalam sembilan bulan tahun ini, total ada 10.179 unit HR-V yang terkirim ke dealer-dealer Honda. Di posisi kedua ada Hyundai Creta dengan total distribusi wholesales 4.049 unit dan dibuntuti Yaris Cross di posisi ketiga. Berikut ini data penjualan wholesales HR-V Cs periode Januari-September 2024.

1. Honda HR-V: 10.179 unit
2. Hyundai Creta 4.049
3. Toyota Yaris Cross: 3.070 unit
4. Suzuki Grand Vitara: 1.493 unit
5. Wuling Alvez: 1.258 unit
6. Chery Omoda 5: 1.049 unit

Bagi Honda, HR-V memang memikat tak hanya di Indonesia. Di beberapa negara, SUV kompak ini juga banyak diminati. Tak heran kalau HR-V memiliki pencintanya tersendiri. Konsumen HR-V itu disebut mereka yang sudah memiliki kepercayaan atas sebuah merek, dalam hal ini Honda.

“Mereka yang percaya atas reputasi sebuah brand dan memahami kualitas suatu mobil berdasarkan style, performa dan juga design yang timeless,” ungkap Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy belum lama ini.

(dry/rgr)

Membagikan
Exit mobile version