Minggu, Oktober 6


Jakarta

Wanita ini kesal saat diajak makan bareng teman-teman di restoran dan diminta patungan semua makanan. Padahal ia hanya beli kentang goreng. Begini kronologinya!

Split bill atau patungan saat makan di restoran agaknya masih menjadi perdebatan, baik di antara pasangan kekasih, teman, dan keluarga. Tak jarang, kejadian ini menimbulkan pertengkaran.

Seperti yang dialami oleh wanita satu ini. Lewat situs Reddit ia menceritakan pengalaman tak menyenangkan saat diajak makan malam di restoran bersama teman-temannya.


“Tadi malam saya dan teman-teman memutuskan untuk mencoba restoran baru yang direkomendasikan oleh salah satu teman saya, Alex,” ujarnya seperti yang dikutip dari twistedsifter.

Ilustrasi kentang goreng di restoran. Foto: iStock

Sebenarnya, ia tidak begitu tertarik dengan restoran tersebut. Namun, ia merasa tak enak jika tidak ikut bergabung. Akhirnya ia memutuskan untuk datang ke restoran itu.

Sesampainya di sana, ia melihat menunya dan sama sekali tidak ada satupun yang menarik perhatiannya. Ia pun hanya memesan dua menu, yakni milkshake dan camilan kentang goreng.

Total pesanannya tersebut mencapai Rp 216.000. Menurutnya, harga tersebut terlalu mahal. Apalagi ketika pesanannya datang, rasanya tidak terlalu enak.

“Aku tidak terlalu menyukai apa yang aku pesan, tapi aku tetap memakannya karena aku sangat lapar,” tuturnya lebih lanjut.

Ilustrasi makan bersama teman-teman di restoran Foto: iStock

Sementara, teman-teman yang lain memesan menu yang lengkap, mulai dari menu pembuka, menu utama, dessert, dan minuman. Tentu dari pesanan tersebut akan menghabiskan banyak uang.

Betapa terkejutnya ketika temannya, Alex mengusulkan agar harga total pesanan dibagi rata supaya lebih mudah. Menurutnya, cara seperti itu sangat tidak adil.

“Saya bilang saya hanya akan membayar makanan saya sendiri. Beberapa teman saya setuju dengan saya, tetapi yang lain termasuk Alex merasa kesal,” tambahnya.

Ia menjelaskan bahwa bukan ia yang memilih restoran, ia juga tidak memesan banyak makanan, dan bahkan tidak menyukai makanan tersebut. Jadi, menurutnya, ini tidak adil jika harus patungan semua makanan.

Pasalnya ia harus patungan senilai Rp 370.000, harga yang jauh lebih mahal dibandingkan harga pesanannya sendiri. Karena menolak patungan, ia sampai dimusuhi oleh temannya.

Unggahannya di Reddit viral dan menuai berbagai tanggapan dari netizen. Banyak netizen yang kesal dengan konsep patungan yang seringkali merugikan satu pihak.

“Saya setuju dengan kamu, ini memang gak adil kalau kita harus patungan semua makanan, sementara kamu hanya pesan kentang goreng,” ujarnya.

“Konsep patungan kayak gitu, memang kedengarannya adil karena dibagi rata, tapi coba lihat menunya dulu, apakah semua orang makan makanan yang sama?,” tulis netizen.

(raf/odi)

Membagikan
Exit mobile version